oleh

Miris! Tiga Keluarga dan Lima Belas Orang Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni

Cirebontrust.com – Sungguh miris, jika melihat kondisi sejumlah warga Dusun 01, Blok Babadan, RT 04 RW 02, Desa Japurabakti, Kecamatan Astanajapura, di tengah hiruk-pikuk pembangunan di ‎Kabupaten Cirebon wilayah timur saat ini.

Bagaimana tidak, dibalik masifnya pembangunan industri di wilayah tersebut, dengan nilai investasi yang menembus angka triliunan rupiah, masih terdapat warga yang kondisinya sangat memprihatinkan dan bahkan jauh dari layak.

‎Keluarga yang terdiri dari 3 Kepala Keluarga (KK) dan 15 jiwa itu menghuni rumah yang sudah tidak layak. Kondisi bangunan rumah itu sebagian sudah ambruk. Bahkan mereka menggunakan bambu dan kayu untuk menopang bangunan yang tersisa, agar tidak ikut ambruk.

Untuk tidur saja, mereka hingga berebut satu sama lain, lantaran tak ada tempat lagi yang layak untuk sekedar merebahkan badan.

Tidak hanya itu, disaat malam tiba‎, anak-anak kecil dari keluarga yatim piatu itu mengeluh, mereka merengek, karena tidak betah dengan dinginnya angin malam, hingga dihantui bangunan ambruk yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Ayah dan ibu saya sudah meninggal dunia. Saya di sini dengan kakak dan adik saya serta anak-anak dari mereka. Mulai awal roboh dari 2007, terus saat bulan puasa kemarin kebakaran, dan seminggu yang lalu ambruk kena angin kencang,” terang Sobirin (23), anak ke 6 dari almarhum Pasutri Rosidi dan Saniti‎, Selasa (14/02).

Sobirin dan keluarga bukannya tak mau berusaha, dia sudah seringkali melapor dan meminta bantuan ke Pemerintah Desa (Pemdes), namun hingga saat ini tidak ada realisasinya.

Dia pun berharap, adanya tangan dermawan yang bisa membantu keluarganya untuk memperbaiki rumah yang kondisinya semakin parah. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   Bukan New Normal Life, Tapi Adaptasi Kebiasaan Baru, Begini Kata Gubernur Ridwan Kamil

Komentar

News Feed