oleh

Melalui Forum Komunikasi, BPJS Kesehatan-Pemda Indramayu Rancang Strategi Optimalisasi JKN

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu mengadakan pertemuan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Indramayu, Kamis (29/4). Dalam pertemuan yang diadakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu itu, dilakukan pembahasan optimalisasi penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di wilayah Kabupaten Indramayu. Pertemuan diadakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Forum itu dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu dan diikuti berbagai instansi, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Keuangan Daerah serta berbagai instansi vertikal lainnya di Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo, menyampaikan, pihaknya akan berupaya mengoptimalkan perluasan cakupan Peserta JKN-KIS di Kabupaten Indramayu. Perluasan tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan dinas terkait sebagai penggerak di setiap segmentasi peserta, khususnya cakupan peserta segmen peserta Pekerja Penerima Upah yang saat ini masih cukup rendah di Kabupaten Indramayu.

“Kita sama-sama jalankan amanat Undang-undang, kita optimalkan peran setiap Organisasi Perangkat Daerah terkait, agar semakin banyak masyarakat dapat terdaftar dan terbantu melalui Program JKN-KIS ini,” ujar Rinto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Nopi Hidayat, menyampaikan, koordinasi dengan lintas sektoral itu sangat penting dilakukan, karena sebagai momen menyinergikan kembali pemahaman dalam mendukung Program JKN-KIS. Melalui sinergi yang baik, diharapkan semakin banyak masyarakat di Kabupaten Indramayu merasakan manfaat dari adanya program JKN-KIS.

“Kami terus mengupayakan dan membangun sinergi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk menyelesaikan dan memecahkan permasalahan serta merumuskan rencana strategis terkait pelaksanaan Program JKN-KIS. Kami akan terus bersinergi untuk mewujudkan Universal Health Coverage di Kabupaten Indramayu,” ucap Nopi.

Sampai dengan April 2021, jumlah Peserta JKN-KIS di Kabupaten Indramayu telah mencapai 1.436.681 jiwa. Banyaknya jumlah peserta terdaftar tersebut diimbangi dengan jumlah fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebanyak 104 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan 8 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan di Kabupaten Indramayu telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. (Haris)

Komentar

News Feed