KUNINGAN (CT) – Manajemen Rumah Sakit Juanda kawasan lingkungan Kota Kuningan, enggan menerima pembayaran pasien melalui jaminan Asuransi Kesehatan (askes). Hal itu diungkapkan salah seorang warga Jalan RE. Martadinata no 5 kavleing ancaran atas nama pasien Ny. Lily Alimah, Kamis (24/03).
Diutarakan keluarga pasien, pihaknya sangat menyayangkan keputusan RS Juanda yang menolak permohonan pengobatan yang diajukan, tanpa alasan yang jelas.
“Jika semua manajemen rumah sakit atau lembaga resmi pelayanan medis di Kuningan melakukan penolakan pembayaran melalui askes, ini akan menimbulkan kesan buruk kepada pemerintah atau lembaga jaminan asuransi kesehatan lainnya, semisal Kartu indonesia sehat (KIS),” kata keluarga pasien yakni Yusuf kepada CT.
Ia menambahkan, dirinya meminta lembaga medis resmi di Kuningan harus mengikuti kebijakan pemerintah. “Pemda Kuningan harusnya ikut sukseskan progam sosial kesehatan nasional. Terutama dalam pelayanan medis melalui kartu jaminan atau asuransi kesehatan,” imbuhnya.
Terpisah, mewakili pihak Managemen RS Juanda, Ira Haryani, melakukan konfirmasi terhadap persoalan tersebut. Alih-alih menerangkan alasan penolakan tersebut, ia malah menyarankan agar menanyakan langsung kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
“Untuk masalah penolakan atas pembayaran melalui Askes, silakan tanya langsung ke bagian BPJS,” terang Ira. (Ipay)