oleh

Majalengka Masuk Nominasi Kabupaten Kreatif se-Indonesia

Citrust.id – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia menetapkan empat kabupaten dan kota sebagai wilayah dengan potensi ekonomi kreatif. Di Provinsi Jawa Barat, hanya Kabupaten Majalengka yang dinilai memiliki daya jual dalam hal produk kreatif melebihi daerah lain pada umumnya.

Empat wilayah tersebut, yakni Kabupaten Kartanegara, Kabupaten Majalengka dengan potensi seni pertunjukan, Kota Malang dengan potensi aplikasi dan pengembang permainan serta Kota Palembang dengan potensi kuliner.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi merasa sangat bersyukur Kabupaten Majalengka mewakili kabupaten se-Provinsi Jawa Barat yang terpilih oleh Bekraf.

“Betul, empat kabupaten dan kota bersaing untuk menjadi yang terbaik sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) kreatif,” ujar Karna Sobahi, Senin (24/6/2019).

Saat ini, keempat kepala daerah melakukan ekspose di hadapan para penilai Bekraf. Majalengka menampilkan branding marketing dari desa menuju dunia dengan spirit aya, usik, rosa yang berarti eksis, gerak dan kuat.

Menurut Karna, Majalengka mempromosikan kompetisi dalam bidang seni dan budaya yaitu potensi kreatif komunitas di tiga wilayah Utara dengan potensi seni pertunjukan Konser Kampung dan Jatiwangi Art Factory (JAF).

“Kalau wilayah tengah Majalengka dengan potensi pop culture dan wilayah Selatan dengan seni tradisi yang dipadu dengan potensi wisata,” imbuhnya.

Dengan tiga potensi wilayah kreatif komunitas Majalengka itu, lanjut dia, ternyata telah menjadi perhatian khusus pihak Bekraf.

“Dua bupati dan dua wali kota se-Indonesia diminta ekspose tentang strategi dan roadmap inovasi pembinaan Bekrap. Kami sudah melakukannya,” ungkap dia.

Bupati Karna berharap, kegiatan di Kabupaten Majalengka itu akan mendapat penghargaan dan bantuan program peningkatan ekonomi kreatif dari APBN, sekaligus menjadi motivasi bagi para komunitas pelaku ekonomi kreatif seni pertunjukkan di Majalengka agar lebih baik lagi.

BACA JUGA:   Open Bidding Sudah 3 Besar, Siapa yang Bakal Dipilih Walikota?

“Alhamdulillah, kami sudah berusaha maksimal. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Majalengka agar mampu menjadi juara dalam kompetesi yang digelar Bekraf ini,” harapnya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed