oleh

Kwarcab Pramuka Majalengka Raih Lencana Pancawarsa dari Gubernur Jabar

Citrust.id – Ketua Kwaran Cabang (Kwarcab) Pramuka Majalengka, Eman Suherman, mendapat Lencana Pancawarsa dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Penghargaan itu diberikan pada puncak peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat Jawa Barat di halaman Gedung Sate, Bandung, Jumat (20/8).

Acara tersebut dilaksanakan dengan sederhana dan secara hybrid sambil menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, selaku Ketua Mabinda, menyematkan penghargaan ke sejumlah pihak. Penghargaan yang diberikan berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Wiratama, Lencana Panca Warsa, Lencana Teladan, dan piagam.

Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat (Jabar) meluncurkan Super Apps Pramuka Jabar Juara yang merupakan aplikasi pramuka pertama di Indonesia. Aplikasi diluncurkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, bersama Ketua Kwarda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, Super Apps Pramuka Jabar Juara bertujuan supaya gerakan Pramuka Jabar mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi serta memiliki karakter disiplin dengan keilmuan dan inovasi.

“Saya mengapresiasi diluncurkannya aplikasi Pramuka Jabar ini sebagai sebuah adaptasi zaman yang sudah berubah,” kata Kang Emil.

Aplikasi Pramuka Jabar dilengkapi berbagai fitur untuk pengembangan anggota pramuka yang kekinian. Mulai dari buku saku, laporan kegiatan, sampai ruang interaksi. Aplikasi tersebut juga memuat rencana program, pendaftaran relawan kebencanaan, dan semua urusan kepramukaan yang bisa diakses oleh semua orang.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Majalengka, Eman Suherman, yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur dan Kwarda Jabar yang telah memberikan penghargaan Lencana Pancawarsa.

“Penghargaan tersebut diberikan atas kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, dan ketertiban sebagai anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan kewajibannya,”bungkapnya.

Eman mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus Kwarcab dan Kwaran Pramuka di Kabupaten Majalengka. Mereka ikut andil dalam mendukung program pemerintah, terutama dalam penanganan pandemi Covid -19.

“Walapun kepemimpinan saya baru kurang dari satu tahun, tetapi kekompakan dan kerjasama baik ini yang bisa mengangkat Kwarcab Pramuka meraih penghargaan Lencana Pancawarsa. Saya mengucapkan banyak terima kasih buat semua pengurus,” ungkapnya.

Ke depan, Eman akan terus bersinergi dengan semua komponen dan elemen masyarakat. Pramuka harus mampu menciptakan generasi yang memiliki kepribadian berakhlak mulia, jiwa patriotik dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Selain itu, Kwarcab Majalengka serahkan donasi untuk Palestina sebesar Rp81,22 juta. Uang tersebut dititipkan Pramuka Majalengka kepada Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya. Setelah itu, diteruskan dalam membantu masyarakat Palestina.

“Donasi ini akan saya teruskan sesuai dengan yang dituju,” ujar Atalia saat syukuran Hari Pramuka ke-60.

Secara simbolis bantuan diserahkan Ketua Kwarcab Majalengka, Eman Suherman, di Kwarda Jabar.

“Dana ini terkumpul dalam 10 hari dari 26 Kwartir Ranting,” jelas Sekretaris Kwarcab Majalengka, Adam Suhara.

Penyerahannya baru kali ini karena pimpinan Kwarcab sempat terpapar Covid-19. Adam juga melihat spirit donasi sangat tinggi di kalangan Gerakan Pramuka.

“Dengan koordinasi dan cara yang tepat, bisa terkumpul donasi cukup besar,” jelasnya. (Abduh)

Komentar

News Feed