oleh

KPM yang Graduasi Jangan Ditinggalkan

Citrust.id – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melakukan graduasi kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) tahun 2020, Kamis (17/9) pagi, di salah satu hotel di Jalan By Pass Brigjen Dharsono Kabupaten Cirebon.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Selly Andriany Gantina menilai, bahwa graduasi yang sudah dilakukan tahun 2020 tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan Kemensos maupun Dinas Sosial di setiap daerah.

“Untuk keberhasilan sudah mengeluarkan masyarakat rentan miskin, miskin dan sangat miskin untuk bisa menjadi masyarakat yang mandiri,” ujarnya.

Mantan wakil bupati Cirebon tersebut juga mengatakan, KPM yang tergraduasi ini tidak boleh ditinggalkan begitu saja, namun tetap perlu adanya pendampingan agar masyarakat yang graduasi tidak kembali menjadi miskin.

“Terutama ada support anggaran serta kepastian dari lembaga penjamin, bahwa usaha mereka tetap berjalan,” kata dia.

Kemudian, Selly juga meminta agar program graduasi ini harus disosialisasikan kepada seluruh KPM PKH. Jangan sampai graduasi dipahami bahwa setelah mereka dikeluarkan dari data KPM PKH tidak ada pendampingan dan upaya dari pemerintah.

“Padahal yang disebut graduasi adalah mengeluarkan mereka dari KPM PKH agar mereka tidak memiliki ketergantungan atas bantuan dari APBD dan APBN agar bisa mandiri,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Penyaluran Bansos di Majalengka Libatkan Ojol

Komentar

News Feed