oleh

Kolak Pisang, Si Manis Teman Berbuka

CIREBON (CT) – Jika anda jomblo dan kerap berbuka puasa seorang diri, juga punya kadar sensitif berlebih saat terima Broadcast BBM berisi anjuran “Berbukalah dengan yang manis-manis” dari seorang teman. Tenang! Kolak pisang bisa jadi solusi.

Yah! Kolak pisang yang merupakan salah satu ragam kuliner khas Ramadan memang terkenal dengan rasa manisnya. Sehingga, kuliner tersebut kerap dijadikan menu wajib berbuka puasa bagi sebagian masyarakat Cirebon. Bayangkan, Kuah santan yang keruh menggoda kemudian dicampur-harmonis dengan lelehan gula aren, serta irisan pisang yang dingin-dingin empuk, adalah komposisi yang pas untuk kemudian dilumatkan ke mulut yang sarat aroma “kasturi”. Sedapnya sungguh layak jadi hiperbolis.

Mau disajikan pada saat hangat atau dingin, kolak pisang selalu terasa nikmat disantap, apalagi untuk hidangan buka puasa.

Selain itu, rasanya yang sedap dan dengan harga yang terjangkau, membuat kolak pisang menjadi makanan yang sangat populer, khususya di momen Ramadan. Pedagang-pedagang yang menjajakan kolak pisang di pinggir jalan pun tak pernah sepi oleh pembeli.

Diakui oleh Uni, salah satu penjual jajanan Ramadan yang membuka lapaknya di Jalan Perjuangan, kolak pisang memang merupakan takjil yang paling banyak dicari pembeli.

“Di sini yang paling laris kolak pisang. Makanya, kita bikin kolak pisang itu lebih banyak dibanding makanan yang lain,” katanya.

Hal tersebut diperkuat oleh Nuryati, salah satu pembeli, mengaku selalu menyediakan kolak pisang sebagai menu utama berbuka puasa.

“Setiap buka puasa, di rumah harus ada kolak pisang. Anak yang paling kecil suka rewel dan enggak mau makan nasi kalau belum makan kolak pisang. Jadi, harus makan kolak dulu, baru makan yang lain,” terangnya. (Leila)

Komentar

News Feed