oleh

Kesadaran Lansia untuk Vaksinasi Covid-19 Meningkat

Citrust.id – Warga lanjut usia (lansia) dan pelayan publik di RW 01 Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, menjalani vaksinasi Covid-19 di baperkam setempat, Senin (31/5). Vaksinasi tersebut merupakan dosis kedua. Sebelumnya, lansia dan pengurus RT, RW serta kader disuntik vaksin Sinovac pada 30 April.

Penanggung Jawab Program Vaksinasi Puskesmas Kesunean, Yeti Sumiyati, mengatakan, sasaran dosis kedua itu 41 jiwa. Meski demikian, pihaknya tetap membuka untuk lansia yang berusia di atas 60 tahun.

“Kami tetap membuka pelayanan bagi lansia yang belum disuntik vaksin dosis kedua. Barangkali ada yang belum sempat, bisa divaksin,” ungkap Yeti.

Diungkapkan Yeti, partisipasi warga khususnya lansia, di Kelurahan Kasepuhan cukup baik. Komunikasi antara kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Wijaya Kusuma dengan pihak puskesmas cukup baik.

“Kami berkoordinasi dengan kader untuk sasaran yang belum tersosialisasi. Bahkan, kader sampai menjemput warga. Ada juga yang berinisiatif datang ke puskesmas terdekat untuk menjalani vaksinasi.

‚ÄúTerkait tunda vaksin, ada beberapa orang karena punya penyakit penyerta (komorbid). Tensinya pin tinggi, di atas 180. Itu dosis pertama. Kami lanjutkan di dosis kedua hari ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Posbindu Wijaya Kusuma Kelurahan Kasepuhan, Nurlaeli mengungkapkan, tidak ada kendala berarti dalam vaksinsi hari ini.

“Alhamdulillah, partisipasi cukup baik. Kami terus memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait vaksinasi,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diterima dari PKM Kesunean, sasaran yang divaksin hari ini ada total 18 jiwa lansia dan 20 jiwa pelayanan publik. Tidak ada yang tertunda. (Haris)

Komentar

News Feed