oleh

Kenapa Cirebon Direncanakan Menjadi Kota Kembaran Honolulu?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Beberapa kota di Indonesia direncanakan menjadi sister cities dari kota-kota di negara lain. Sebut saja Bogor dan St. Louis di Missouri, Surabaya dan Seattle di Washington, Jakarta dan Los Angeles di California, serta Bandung dan Fort Worth di Texas. Pertanyaannya, kenapa Cirebon digadang-gadang menjadi kembaran dari Honolulu, Hawaii? Berikut beberapa indikator dan persamaan antara dua kota tersebut.

Pertama, Cirebon sedang dirancang sebagai kota metropolitan dengan konsep sebutan Cirebon Raya. Hal tersebut menjadi potensi bagi kota ini untuk bisa mengembangkan segala sektor perdagangan, jasa, wisata, dan budaya. Kedua, Cirebon merupakan kota pelabuhan, dilihat dari segi geografisnya, Cirebon diharapkan dapat seperti Honolulu yang juga daerah lepas pantai. Ini diharapkan akan memberikan sisi positif bagi Cirebon sebagai kota pariwisata bahari.

Ketiga, adanya jalan tol terpanjang (Tol Cipali) dikatakan mirip dengan Honolulu yang juga memiliki pusat komersial di sepanjang Jalan Tol Kamehameha. Selain itu, adanya infrastruktur seperti Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) diharapkan orang-orang akan banyak memadati Cirebon dan Bandung. Ditambah lagi dengan adanya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Jadi, bagaimana? Setujukah jika Cirebon menjadi sister cities Honolulu? (Net/CT)

BACA JUGA:   Ini Profesi LT, Terduga Teroris yang Ditangkap di Panembahan Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed