oleh

Karnaval Seni Tradisional Meriahkan Hari Jadi Desa Majasuka

MAJALENGKA (CT) – Semangat melestarikan berbagai seni budaya warisan leluhur oleh warga Desa Majasuka Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka, patut ditiru oleh masyarakat di era modern seperti sekarang, dimana kebudayaan lokal sudah makin terkikis oleh arus budaya kontemporer.

Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Majasuka, yang merayakan Hari Jadi atau Ulang Tahun Desanya dengan menampilkan berbagai pentas seni tradisional, seperti Calung, Karinding, Pencak Silat, Sisingaan dan lainnya. Pertunjukan tersebut merupakan persembahan dari tiap perwakilan RT di desa tersebut, Jumat (12/02).

“Dalam usia ke-41, Tahun ini kami ingin kembali dan lebih menyentuh lagi masyarakat lewat Hari Jadi Desa Majasuka, salah satunya dengan pentas berbagai kesenian tradisional, sunatan massal dan lainnya,” jelas Deska Bahari selaku ketua panitia kepada CT, Jumat (12/02).

Deska juga menambahkan, kalau kepanitiaan dipercayakan kepada anak-anak muda seperti karang taruna dan paguyuban. Hal tersebut diharapkan bisa merangsang potensi generasi muda untuk mengembangkan kemampuannya, terutama menumbuhkan kecintaan kepada seni tradisional.

“Kami percayakan kepanitiaan sepenuhnya kepada karang taruna dan paguyuban, mereka merupakan anak-anak yang berbakat dan mampu membuat kegiatan yang meriah dan semangat, terutama menampilkan berbagai seni tradisional,” tutur Eri Jaeri Kepala Desa Majasuka menambahkan.

Menurutnya rangkaian acara yang dimulai dari tanggal 1 Februari 2016 ini mengadakan beberapa kegiatan, di antaranya Futsal antar blok, bola voli putri antar blok, lomba karnaval, dai cilik, sepeda santai, pentas seni tradisional warga, dan tentunya sunatan masal.

Di puncak acara, Warga Desa Majasuka akan kedatangan tamu spesial yaitu H Surahman, Anggota DPRD Provinsi Jawa barat dan Wakil Bupati Majalengka H Karna Sobahi. Pada kesempatan itu H Karna Sobahi dan H Surahman akan “nyecep” anak-anak yang akan disunat, dan menyaksikan langsung proses penyunatan dan penampilan pentas seni tradisional.

BACA JUGA:   Pekan Raya Suzuki New Carry Meriahkan Kota Cirebon

“Saya sangat senang sekali bisa berbagi dan menjadi bagian di acara ini, terutama mendukung sekali pelestarian seni-seni tradisional. Semoga Desa Majasuka ke depannya semakin maju dan terus maju,” ungkap Wabup H. Karna Sobahi. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed