oleh

Kapenrem 063 SGJ Benarkan Gafatar Pernah Eksis di Cirebon

CIREBON (CT) – Keberadaan Organisasi Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar, yang pernah eksis di Kota Cirebon pada tahun 2012 sampai 2013, dibenarkan oleh pihak Korem 063 Sunan Gunung Jati.

Kepala Pusat Penerangan (Kapenrem) O63 SGJ, Mayor Inf Ismail membenarkan bahwa Organisasi Gafatar pernah ada dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial di Kota Cirebon. Salah satunya aksi donor darah yang dilakukan Korem 063 SGJ pada tahun 2012 yang lalu.

“Saat itu aksi donor darah merupakan kegiatan resmi Korem, namun Gafatar sebagai organisasi baru, ingin eksis dan diakui masyarakat Cirebon, jadi istilahnya mereka nimbrung kegiatan kami,” jelasnya kepada CT, Rabu (27/1).

Mayor Ismail sendiri mengungkapkan, saat itu Gafatar baru berdiri dan pihak Korem tidak menaruh kecurigaan apapun terhadap aktivitas organisasi yang kini dianggap terlarang tersebut.
“Kami saat itu sifatnya hanya membina, jadi siapa pun bebas untuk mengikuti kegiatan kami, dan memang saat itu Gafatar tidak seperti saat ini,” sambungnya.

Rupanya Organisasi Gafatar juga membuat sebuah blog dengan alamat gafatartube.blogspot.co.id. Di dalamnya berisi video kegiatan yang pernah dilakukan organisasi masyarakat tersebut serta konten-konten aksi sosial, visi dan misi Organisasi. Namun blog tersebut terakhir diupdate sekitar tahun 2013 ketika organisasi Gafatar menyatakan bubar. (Imam Musyaffa)

Komentar