oleh

JNE bersama Smesco Indonesia dan YukBisnis Hadirkan Logistik Murah UKM

Citrust.id – Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ekosistem untuk Ttransformasi UKM Masa Depan, JNE berkolaborasi dengan Smesco Indonesia dan YukBisnis menghadirkan Smesco Fulfillment Center (Logistik UKM).

Kerja sama strategis itu merupakan layanan logistik Smesco untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tarif terjangkau. JNE akan berperan sebagai perusahaan logistik dalam mengirmkan barang UKM dan YukBisnis menjadi operator Smesco Fullflllment Center yang berlokasi di Gedung SME Tower, Smesco Indonesia, Jakarta Selatan.

Fasilitas Smesco Fulfillment Center yang berlokasi di Lt. 11 Gedung Smesco Indonesia itu memiliki luas 1.250 m². Pada ruangan itu telah tersedia 400 unit lemari dan 2.000 level rak yang mampu menyimpan 136.800 item barang milik UKM. Hal itu didukung system warehouse manajemen, ruangan berpendingin, operator bersertifikasi, dan call centre yang terintegrasi.

Fasilitas itu diharapkan dapat menciptakan peluang dan memberikan kemudahan bagi para UKM dalam melakukan proses jual-beli secara online. Dengan demikian, para pelaku usaha dapat fokus kepada proses produksi dan pengembangan atau inovasi produk, serta penjualannya.

Hal itu dikarenakan pengelolaan warehousing yang ditangani Smesco Fulfillment Center dilakukan secara profesional dan terintegrasi langsung dengan layanan pengiriman. Dengan demikian, update data jumlah stok barang, serta status pengiriman tiap paket, tersedia secara berkala.

M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, mengatakan, para pelaku industri kreatif kerap disibukkan dengan proses warehousing, pengaturan stock barang, packaging, sampai dengan pengiriman paket ke tiap buyer.

Hal itu berpotensi menurunkan konsentrasi terhadap upaya peningkatan penjualan, pengembangan atau inovasi produk dari segi kuantitas mau pun kualitas, dan yang lainnya.

“Agar dapat mengatasi setiap tantangan dan meraih setiap peluang pada era digital, maka sinergi dan kolaborasi bersama dengan mitra strategis harus terus dilakukan. Kehadiran Smesco Fulfillment Center diharapkan dapat mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha, sehingga tidak perlu lagi menangani aktivitas logistik yang memerlukan effort besar di dalam proses bisnis,” jelasnya.

Founder YukBisnis, Jaya Setiabudi, menyampaikan, YukBisnis melihat potensi dan kebutuhan distribusi usaha digital UKM di Indonesia sangat tinggi. Para pelaku industri kreatif harus konsentrasi terhadap pengembangan inovasi dan penjualan. Oleh karena itu, YukBisnis hadir dengan menyediakan layanan one stop solutions untuk mengoptimalisasi proses UKM agar berkembang dalam menciptakan suatu brand.

“Kami percaya, brand Indonesia dapat menjadi punggawa di negeri sendiri. Dengan adanya Smesco Fulfillment Center yang difasilitasi JNE dan Smesco Indonesia, kami bisa menggabungkan brand-brand lokal terbaik di seluruh Indonesia menjadi satu kesatuan serta turut memajukan UKM di Indonesia,” ucapnya.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Smesco, Leonard Theosabrata, mengatakan, Smesco terus berupaya memberdayakan UKM dengan sejumlah layanan. Salah satunya Smesco Fullfilment Center, layanan pengirimah barang atau logistik bagi UKM dengan tarif terjangkau.

Layanan pengiriman barang itu bisa menjangkau seluruh wilayah Jawa dan beroperasi penuh awal 2022. Layanan yang dihadirkan itu angat penting, sehingga menjadi pelengkap bagi Smesco sebagai pusat layanan UKM.

Feriadi menambahkan, dengan kerjasama strategis ini, berbagai fasilitas dalam Smesco Fulfillment Center, seperti, warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM lokal.

JNE akan terus mewujudkan semangat Connecting Happiness, yaitu mengantarkan kebahagiaan dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok negeri.

“Harapan kami, kolaborasi ini dapat menjadi langkah nyata dalam memberikan kontribusi dan bergotong-royong bersama pemerintah untuk memajukan perekonomian nasional,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

News Feed