oleh

Ir Teguh Irwandi: Pengusaha UMKM Rata-rata Miliki Masalah dalam Pemasaran

CIREBON (CT) – Menteri Perdagangan, Drs Enggartiasto Lukita menyempatkan hadir di Wilayah III Cirebon, salah satunya di Kabupaten Cirebon yang melakukan rangkaian kegiatannya dengan melakukan peresmian 10 Kampung Digital yang merupakan program dari Telkom Cirebon baru-baru ini.

Dalam kesempatan tersbeut, Menteri Perdagangan, Drs Enggartiasto Lukita memberikan arahan bahwa pengembangan usaha harus bisa mengikuti kemajuan teknologi. seperti yang dilakukan melalui program dari PT Telkom dengan meluncurkan program Kampung Digital.

“Kita ini dalam usaha harus bisa menjaga trust atau kepercayaan konsumen. Di sana nanti, jika sudah mendapatkan kepercayaan maka usaha itu akan cepat berkembang, apalagi ditambah dengan teknologi yang makin modern,” katanya dihadapan pelaku usaha UKM.

Secara terpisah, menurut GM Telkom Cirebon, Ir Teguh Irwandi bahwa sebagian pelaku usaha UMKM rata-rata memiliki masalah utamanya dalam pemasaran, permodalan, kompetensi dan juga logistic. Maka, kata dia pihaknya dalam hal ini Telkom Cirebon membantu mendigitalisasi pemasaran melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan kepada pengusaha UMKM.

“Salah satunya bagaimana melakukan pemasaran melalui online. Telkom juga memberikan priorotas bantuan permodalan melalui CSR PT Telkom. Kita juga berusaha meningkatkan kompetensi dalam hal persaingan bisnis dan usaha UMKM, serta kerjsama dengan JNE yang diharapkan akan mampu mempermudah bisnis online nanti,” jelasnya.

Dikatakannya, Telkom juga memberikan bantuan di masing-masing KPD berupa akses gratis, broadband learning cetre (BLC) tempat untuk pelatihan serta melakukan pendampingan.

“Termasuk kami menyediakan beberapa konten aplikasi yang mendukung usaha anggota KPD dan beberapa marketpace serta toko online,” tukasnya. (Johan)

BACA JUGA:   Komisi II DPRD Kota Cirebon Pertanyakan Konsep Cirebon Bersih DLH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed