oleh

Indonesia adalah Kunci Prediksi Pasar “Mobile” di Asia Pasifik

Ilustrasi

CIREBON (CT) – GSM Association memprediksi jumlah pengguna komunikasi via perangkat mobile di Asia Pasifik akan meningkat hingga 3,1 miliar pada tahun 2020. Indonesia disebut akan menjadi kunci pertumbuhan layanan mobile di kawasan tersebut.

Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu dari empat negara dengan pasar terbesar dalam hal subscriber atau pengguna terbanyak. Tiga negara lain dengan pasar mobile terbesar adalah China, India, dan Jepang. Jumlah pengguna dari empat negara itu sudah mencakup lebih dari tiga perempat dari total pengguna di kawasan Asia Pasifik.

Dari sisi infrastruktur, layanan broadband (3G/4G) tercatat mencapai 45 persen dari total koneksi mobile di Asia Pasifik pada tahun lalu. Hingga empat tahun ke depan, jumlah ini akan meningkat hingga 70 persen, bersamaan dengan pengembangan investasi 4G.

Untuk migrasi dari 3G ke 4G, Indonesia juga menjadi penyumbang terbesar hingga 2020, bersama Malaysia, Filipina dan Thailand. Sedangkan negara pelopor 4G seperti Korea Selatan, Jepang, dan China mulai mempersiapkan diri ke koneksi 5G yang jauh lebih cepat. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ungkap Peredaran Narkotika, Delapan Anggota Satnarkoba Sabet Penghargaan

Komentar

News Feed