oleh

Ibu Hamil Terlalu Banyak Makan Kue dan Sajian Khas Lebaran, Berbahayakah?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Makanan bersantan seperti opor ayam dan ketupat sayur jamak ditemui saat Lebaran. Demikian pula kue-kue manis seperti nastar, lidah kucing, maupun kue putri salju. Jika terlalu banyak makan makanan saat Lebaran, adakah efeknya bagi ibu hamil?

Menurut dr Ridwan, SpOG, spesialis kandungan dan kebidanan, mengonsumsi makanan hanya pada saat Lebaran saja, tidak berefek langsung kepada bayi. Namun, jika dikonsumsi jangka panjang bisa berbahaya.

Meski demikian, tetap saja disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan makanan bergula tinggi. Karena bisa saja kebiasaan ini terbawa hingga usai Lebaran, yang akibatnya berat badan ibu akan meningkat dan berat badan janin juga akan meningkat.

Untuk mengontrol asupan yang masuk, antara lain bisa dilakukan dengan melihat berat badan. Kenaikan berat badan yang normal pada ibu yang memiliki berat badan ideal sebelum hamil adalah 12 sampai 16 kg. Sedangkan untuk ibu yang memiliki berat badan berlebih sebelum hamil, hanya boleh naik 10-12 kg. (Net/CT)

BACA JUGA:   Satpol PP Kota Cirebon Siapkan 120 Petugas Satlinmas untuk 6 Ruas Jalan, Begini Tugasnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed