oleh

Hypnobirthing, Metode Baru Proses Persalinan Tanpa Nyeri

Ilustrasi

CIREBO (CT) – Saat ini, rumah-rumah sakit di Inggris semakin banyak menawarkan teknik hipnosis untuk ibu hamil. Bidan di seluruh negeri pun dilatih hypnobirthing, teknik yang membantu ibu melewati persalinan dengan mulus.

Hipnosis bukan hanya efektif untuk menghilangkan trauma, tetapi juga bagus untuk melancarkan persalinan. Ibu-ibu trendi di Inggris melakukan hipnosis agar melahirkan tanpa kesakitan.

Metode itu dipercaya cukup efektif membuat seorang ibu melahirkan tanpa rasa nyeri. Bahkan ada yang percaya bahwa tidak sedikit ibu yang mengalami kesakitan luar biasa saat melahirkan karena sejak lama percaya persalinan adalah proses yang menyakitkan.

Tentu saja klaim proses persalinan yang samasekali bebas nyeri itu terlalu berlebihan. Kendati demikian, teknik hipnosis untuk melahirkan ini tetap banyak manfaatnya.

Para bidan di berbagai wilayah Inggris mengikuti kelas hipnosis itu.  Teri Gavin-Jones, seorang bidan dan pelatih hypnobirthing mengatakan, bahwa seperempat wanita yang melahirkan di Colchester General Hospital di Essex saat ini mengikuti kursus teknik hipnosis tersebut.

Hypnobirthing mengajarkan teknik seperti visualisasi dan mengontrol pernapasan untuk membantu calon ibu tetap tenang. Metode itu juga dinilai membantu mengeluarkan endorfin yang membantu mengurangi rasa sakit. Cianfini mengklaim beberapa wanita melaporkan persalinan bebas nyeri, bahkan ada yang mengalami kesenangan fisik.  (Net/CT)

BACA JUGA:   Waspada Klaster Covid-19 Baru, Objek Wisata Terapkan Protokol Kesehatan

Komentar

News Feed