oleh

HUT ke-59, PDAM Kota Cirebon Wujudkan Visi Kota RAMAH

Cirebontrust.com – Sebagai salah satu perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Cirebon, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Cirebon turut berperan mewujudkan Kota Cirebon sebagai kota yang Religius, Aman, Aspiratif, dan Hijau (Ramah).

Demikian dikatakan Direktur Utama PDAM Kota Cirebon, Sofyan Satari, saat puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PDAM Kota Cirebon yang ke-59, Senin (27/02), di kantor setempat. Acara tersebut juga dihadiri Walikota Cirebon Nasrudin Azis dan unsur Forkopimda Kota Cirebon.

Didampingi Direktur Umum Dwi Despriyanto dan Direktur Teknik Agus Salim, Sofyan menjelaskan, PDAM Kota Cirebon memiliki visi “Terpenuhinya kebutuhan air bersih dan pelayanan air limbah, bagi masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya secara optimal, melalui pengelolaan perusahaan secara professional dan akuntabel.”

Untuk mewujudkan hal itu, PDAM telah melakukan berbagai program, antara lain program optimalisasi sumber air untuk meningkatkan kapasitas, optimalisasi jaringan distribusi berupa penanggulangan kebocoran, pemeliharaan pipa, dan rehabilitasi jaringan distribusi.

PDAM Kota Cirebon juga telah menerapkan sistem Payment Point Online Banking (PPOB), yakni pembayaran tagihan air minum online, penertiban pencurian air secara insentif, pelatihan teknis dan nonteknis bagi pegawai, dan melakukan kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dalam rangka meningkatkan SPAM Kota Cirebon.

“Kami pun telah menekan tingkat kebocoran hingga 26 persen,” kata Sofyan.

Ia mengatakan, PDAM Kota Cirebon menghadapi tantangan berupa peningkatan jumlah penduduk, luasnya cakupan pelayanan, dan keterbatasan sumber air. Untuk itu, telah dilakukan upaya-upaya seperti menggelar program kota binaan 100 persen aman akses air minum, optimalisasi sumber air dan SPAM serta penekanan tingkat kebocoran.

Sofyan menambahkan, PDAM Kota Cirebon memiliki rencana program ke depan, yakni meningkatan cakupan pelayanan dan kapasitas produksi air bersih, menurunkan tingkat kehilangan air baik teknik dan komersial, dan meningkatan kehandalan SPAM.

BACA JUGA:   Bupati Majalengka Mutasi Ratusan Pejabat di Tengah Pandemi Covid-19

“Kami juga akan meningkatan cakupan pelayanan dan kapasitas produksi serta terus berupaya menurunkan tingkat kehilangan air,” pungkasnya. (Haris)  

Komentar

News Feed