oleh

Gemuk atau Kurus Bukan Jaminan Miliki Tubuh yang Sehat

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ternyata orang gemuk hanya perlu menurunkan sekitar 5 persen dari bobot tubuhnya. Walau penurunannya sedikit, tetapi bertahap sehingga lebih sehat dan bisa dijaga dalam jangka panjang.

Orang dengan bobot tubuh berlebih sering dianggap sebagai orang yang tidak sehat dan rentan menderita berbagai penyakit. Tapi, studi-studi terbaru menyebut, orang gemuk ternyata tidak seburuk yang selama ini dikira.

Dalam penelitian, orang yang menurunkan sekitar 5 persen berat badannya menunjukkan perbaikan tekanan darah, kadar trigliserida dalam darah, lebih sedikit lemak di livernya, dan gula darah lebih rendah.

Dalam sebuah studi disebutkan, orang yang agak gemuk risikonya meninggal muda lebih rendah. Penelitian yang dilakukan di Denmark ini diikuti lebih dari 120.000 orang, dengan mengaitkan antara indeks massa tubuh dan angka kematian.

Meski begitu, penelitian ini tidak menganjurkan kita untuk makan sesuka hati dan tidak perlu melakukan aktivitas fisik. Sebaliknya, memiliki berat badan gemuk tidak perlu ditakutkan seperti sebelumnya.

Tetap atur pola makan dengan memperbanyak makanan bergizi dan rendah kalori, serta tetap melakukan olahraga.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, seperti mengukur tekanan darah, gula darah, serta lingkar pinggang dan berat badan, juga jangan diabaikan agar kita tidak terlena jika berat badan mulai bertambah. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kota Cirebon Rawan Penyalahgunaan Narkotika

Komentar

News Feed