oleh

Gambaran Posisi Ekonomi Indonesia di Mata Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kondisi ekonomi global setiap hari terus berputar tanpa henti. Dalam kancah perekonomian dunia Indonesia tentu memiliki peran di dalamnya. Namun, tahukah Anda seperti apa posisi Indonesia dalam kancah internasional? Ada sisi baik dan buruk tentang kondisi perekonomian Indonesia di mata dunia.

Sisi baiknya, Indonesia adalah negara eksportir karet terbesar kedua setelah Thailand dengan nilai 4,7 USD pada 2015. Indonesia juga merupakan tambang emas terbesar kedua setelah Uzbekistan dengan produksi 1,1 juta oz emas pada 2014. Indonesia menduduki peringkat ke 86 negara terbersih dari korupsi. Yang sebelumnya pada 2013 menduduki ranking 114, tahun 2014 naik ke peringkat 88, dan tahun 2015 naik ke peringkat 86. Sayangnya, Indonesia menduduki urutan ketiga pada indeks kepercayaan konsumerisme setelah India dan Philipina.

Meski begitu, rasio hutang Indonesia menduduki peringkat ke-7 yang mana artinya Indonesia cukup hati-hati ketika berhutang ke luar negeri. Namun, jumlah penduduk Indonesia terbesar kelima dengan jumlah 255,4 juta jiwa setelah Cina (1,3 miliar jiwa) dan India (1,2 miliar jiwa). Meskipun bensin sering mengalami kenaikan dan penurunan, harga bensin di Indonesia menduduki peringat ke-10 termurah di dunia. (Net/CT)

BACA JUGA:   Sebanyak 383 Calon Kuwu Ikuti Pilkades Serentak di Majalengka

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed