oleh

Finalisasi SOTK Rampung, Pemkab Cirebon Siap Lakukan Mutasi dan Rotasi Jabatan

Cirebontrust.com – Finalisasi pembentukan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) di Kabupaten Cirebon, yang akan menjadi dasar pelaksanaan mutasi dan rotasi pejabat di lingkungan Kabupaten Cirebon, telah rampung.

Berdasarkan SOTK baru tersebut, terdapat satu Sekretariat Daerah, satu sekretariat DPRD, Inspketorat, Empat Badan, dan 22 dinas di lingkungan Pemkab Cirebon.

“PP Nomor 18 Tahun 2016 tersebut untuk mengantisipasi penggemukan dalam kelembagaan, sehingga akan meminimalkan belanja pegawai dan sebaliknya, belanja publik akan bisa maksimal,” kata Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kab. Cirebon, Munangwar kepada CT, Kamis (22/12).

Munangwar menambahkkan, selama ini perbandingan antara porsi belanja pegawai dengan belanja publik di Kabupaten Cirebon tergolong belum seimbang. Selama bertahun-tahun, porsi belanja masih dirasakan besar pada belanja pegawai.

Menurutnya, kegiatan dua hari tersebut merupakan tahapan final pembentukan SOTK baru. Sehingga, diharapkan ASN bisa mengetahui tupoksi masing-masing.

“ASN harus bekerja sesuai tupoksi, apalagi setelah SOTK baru dibentuk. Nanti diharapkan tidak ada tupoksi yang tumpang tindih,” katanya.

Senada, Kasubag Kelembagaan Sekretariat Daerah, Teddy Tri Susilo mengatakan, setelah ASN dikumpulkan selama dua hari tersebut, maka diharapkan ada kejelasan terkait pemahaman fungsi kerja masing-masing.

Menurutnya, dengan struktur pengisian SOTK baru ini dianggap cukup ideal. Namun, ada kesempatan satu tahun menjalankannya untuk kemudian ada evaluasi di tahun berikutnya.

“Ideal tidak ideal, dilihat setahun kemudian. Kan nanti ada evaluasi,” ucapnya. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed