oleh

Ekspor-Impor Kapal Nasional Diminta Secepatnya Diprioritaskan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Indonesian National Shipowners Association (INSA) mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan beyond cabotage secara menyeluruh. Program tersebut dinilai bakal berdampak positif terhadap ekonomi nasional terutama untuk menahan arus keluarnya devisa negara ke luar negeri.

Menurut Ketua Unum INSA Carmelita Hartoto, beyond cabotage saat ini berada pada tahap pencatatan nilai ekspor dalam bentuk cost, insurance and freight (CIF). Beyond cabotage merupakan kegiatan pengangkutan ekspor-impor menggunakan kapal berbendera Indonesia. Dioperasikan perusahaan pelayaran nasional dan diawaki oleh orang Indonesia.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan bersama instansi pemerintahan lainnya berupaya mengimplementasikan beyond cabotage secara bertahap. Ini termasuk mengusulkan adanya insentif bagi pemilik barang yang menggunakan kapal nasional untuk perdagangan luar negeri.

Program tersebut saat ini telah melewati proses panjang sebagai kelanjutan dari asas cabotage yang telah sukses mendongkrak pertumbuhan jumlah kapal nasional. (Net/CT)

BACA JUGA:   Sabet Juara 2 Jabar Hegar, DPRKP Kota Cirebon Tingkatkan Penataan Kawasan Kumuh

Komentar

News Feed