oleh

Disambar Petir, Kabel Utama PLN Putus dan Listrik Padam

Cirebontrust.com – Hujan dengan intensitas tinggi yang disertai petir di wilayah kabupaten cirebon bagian timur yang terjadi tadi malam mengakibatkan kabel utama PLN putus tersambar petir.

Petir menyambar kabel jaringan utama, sehingga memadamkan dua suplay atau penyulang yang memasok daerah Losari dan Ciledug Kabupaten Cirebon.

Di ketahui sambaran petir sangat keras itu, memutuskan kabel di penyulang losari tiang 77 sekitar Desa Bojong Negara terjadi pada pukul 21.00 WIB malam.

Akibat kejadian itu, membuat listrik padam di berberapa wilayah meliputi Desa Hulubanteng Kidul, Hulu Banteng Lor, Babakan Losari, Dukuwidara, Pabuaran Wetan, Leuwung Gajah, Tenjomaya, Jatiseeng Kidul, Tonjong, Pasaleman, Damarguna, Ciledug Kulon dan Ciledug Tengah.

Pekerjaan pemulihan, dilakukan oleh petugas layanan teknik siaga 24 jam dari PLN Rayon Ciledug yang datang ke lokasi TKP, meskipun cuaca terus diguyur hujan karena listrik harus menyala kembali.

Bersamaan dengan itu, grup lain bertahap melakukan manuver atau pemindahan beban agar zona yang tidak terganggu bisa cepat normal kembali.

Kebetulan yang terganggu di zona depan atau pangkal membutuhkan waktu agak lama Sehingga pemadaman Ada yang satu hingga mencapai lima jam.

“Akibat kejadian itu, PLN mengalami kerugian mencapai hingga ratusan juta rupiah, karena pemadaman listrik atau Killo Watt Hour (KWH) yang tidak tersalur diperkirakan 128.712 KWH,” kata Agus Taufik, Petugas Teknik 24 Jam PLN Rayon Ciledug.

Sementara lanjut, Agus Taufik meskipun cuaca ekstrim yang kerapkali terjadi di wilayah kabupaten cirebon bagian timur pihaknya mengaku bahwa PLN akan terus berupaya melakukan tindakan.

“Di antaranya, adalah menambah media pentanahan pada jaringan listrik, serta memasang media penangkal petir,” pungkasnya. (Johan)

Komentar