oleh

Destinasi Wisata Serba Monyet di Cirebon dan Sekitarnya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Setelah perayaan tahun baru Imlek dan cap gomeh sudah berlalu, di tahun monyet api ini menarik jika berwisata dan menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat rekreasi berbau primata berekor ini. Di Cirebon dan sekitarnya, banyak tempat-tempat wisataserba monyet. Selain menghibur, cocok untuk wahana edukasi bagi anak-anak. Berikut destinasi serba monyet di Cirebon yang bisa kita kunjungi.

  1. Kerajaan Kera Plangon Cirebon. Terletak di Desa Babakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Menurut cerita yang dipercayai masyarakat disekitar, “bahwa di hutan ini ada beberapa kerajaan monyet, dimana masing-masing wilayah dipimpin oleh satu jawara monyet”. Wilayah satu adalah wilayah paling bawah, yang dipimpin oleh Jawara monyet, wilayah dua sampai enam adalah semakin ke atas sampai puncak, yang dipimpin oleh masing-masing jawara monyet. Konon, dari mana asal monyet-monyet itu. Tidak ada yang tahu pasti, darimana asal monyet tersebut, apakah memang sudah ada dari dulunya, atau hewan peliharaan Pangeran Panjunan dan Pangeran Kajaksan. Yang jelas, monyet-monyet tersebut telah berada di hutan Plangon dan berkembang biak dengan baik.
  2. Situs Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga. Situs Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga di Cirebon ini diperkirakan sudah ada mulai abad ke-17 sebagaimana terlihat pada tengara Benda Cagar Budaya di jalan masuk ke situs. Hutan Kalijaga kabarnya merupakan satu-satunya wilayah konservasi hutan yang masih tersisa di Cirebon. Meskipun di hutan Kalijaga ini hidup sekitar 50 ekor monyet ekor panjang.
  3. Bulak, Indramayu. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu
    Di tempat ini masyarakat sekitar pasti sudah mengetahui tentang legenda monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor.
  4. Petilasan Prabu Siliwangi, Majalengka. Wisata Prabu Siliwang Terletak di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Wisata ini banyak di kunjungi dari berbagai daerah di Kabupaten Majalengka juga dari luar Kabupaten Majalengka, untuk berjiarah ataupun hanya sekedar menikmati keindahan wisata ini ada situ Cipadung di luar Wisata Prabu Siliwangi. Uniknya di tempat ini masih banyak kera yang berkeliaran sesekali pula akan terlihat kelalawar berkisar ribuan yang terbang bergelombongan. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed