Dave Laksono Minta Saksi Kawal Suara Golkar pada Pemilu 2024

Citrust.id – Ketua DPP Golkar, Dave Laksono, minta saksi kawal suara Partai Golkar pada pemilu 2024. Hal itu ia ungkapkan saat membuka pelatihan dan bimtek saksi, Minggu (3/12/2023), di Hotel Prima Cirebon.

“Tercatat ada 1.026 kader yang mengikuti pelatihan dan bimtek saksi yang nanti ditempatkan di TPS di seluruh Kota Cirebon,” ujarnya.

Dave Laksono menjelaskan, ada beberapa tugas yang akan para saksi Partai Golkar emban. Mereka menjaga penghitungan suara saat di hari pencoblosan agar tidak terjadi kecurangan. Saksi juga untuk memastikan masyarakat datang ke TPS sesuai dengan TPS-nya masing-masing.

“Saksi sudah mulai bekerja dari sekarang, seperti menggiring pemilih, menjaga TPS, dan mengamankan suara Partai Golkar. Satu TPS akan ada satu saksi dari Golkar,” ucap Dave.

Saksi Golkar juga mendapat pembekalan, pelatihan, dan pemahaman tentang tugas, tanggung jawab, dan kewajiban mereka. Mereka tahu persis kondisi di lapangan.

Saksi bukan hanya bertugas saat penghitungan suara, tetapi harus menggarap basis-basis massa yang di tempat mereka bertugas. Mereka harus mengenal siapa saja yang akan nyoblos dan menggiring suara itu datang ke TPS untuk mencoblos Golkar

“Secara nasional, Golkar menargetkan 20 persen suara. Bilamana melebihi target, ya alhamdulillah,” tutur Dave.

Saksi yang sudah mendapatkan pelatihan tidak hanya bertugas saat penghitungan suara pileg. Tidak menutup kemungkinan mereka akan mengawasi saat penghitungan suara pilpres.

“Bisa saja mereka akan menjadi saksi penghitungan suara Capres. Mungkin nanti ada pembahasan lebih lanjut. Harus ada diskusi dengan partai koalisi. Namun intinya, saksi Partai Golkar sudah siap jika tidak ada saksi dari partai koalisi,” kata Dave.

Ia juga optimistis, Partai Golkar bisa meraih target 20 persen suara dan menang di semua daerah hingga nasional.

“Ya, kami harus yakin dan optimistis, terutama di dapil 8 Jabar, yakni Cirebon dan Indramayu. Saya yakin, capres dan cawapres nomor urut 2, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, akan memenangkan pilpres 2024,” pungkasnya. (Haris)

Komentar