oleh

Cuaca Buruk Ragukan Nelayan untuk Melaut

CIREBON (CT) – Sejumlah nelayan yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon tepatnya di Desa Suranenggala sampai Kapetakan, mengkhawatirkan kondisi cuaca. Sehingga mereka sudah jarang melaut dalam beberapa terakhir ini.

Hal tersebut dikatakan Jumadi (45) seorang nelayan yang sedang menambatkan Kapal motornya di bibir perairan Cirebon. “Saat ini kegiatan para nelayan hanya memperbaiki jaring dan lambung kapal,” ungkapnya kepada CT, Sabtu (20/02).

Ia menambahkan kondisi cuaca di perairan Cirebon yang tidak menentu. “Sekarang angin sedang kencang-kencangnya, disertai dengan hujan. Gelombang kadang tinggi, cuaca lagi tidak tentu, khawatir keselamatan di tengah laut,” tambahnya.

Menurut dia, nelayan tidak mau memaksakan melaut jika cuaca sedang tidak bersahabat. Selain memperhitungkan keselamatan jiwa, juga menyayangkan bila hasil tangkapan ikan yang diperoleh tidak sebanding dengan biaya modal yang dikeluarkan saat melaut.

Meskipun begitu, stok ikan di tempat pelelangan ikan masih tersedia dan tidak berkurang, meskipun jumlahnya tidak sebanyak saat nelayan masih melalut. “Stok aman meski cuaca kadang hujan lebat,” ujar Tata (30) petugas pelelangan Ikan. (Imam Musyaffa)

BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Terancam Digugat Sengketa Penguasaan Lahan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed