oleh

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra Meraih Gelar Doktor Predikat Cumlaude

Cirebontrust.com – Bupati Cirebon, H. Sunjaya Purwadisastra berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor ilmu pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor Sumedang, Senin (10/04).

Kini orang nomor satu di Kabupaten Cirebon itu, berhak menyandang gelar Doktor. Acara sidang yang dilangsungkan di kampus IPDN Jatinagor, Sumedang itu dihadiri oleh keluarga besar dan  sahabat, anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Aparatur Sipil Negara dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Cirebon.

Serta ketua dan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, para Kepala Dinas, Staf ahli, Asisten, Kabag, Camat dan Kuwu se-Kabupaten Cirebon serta undangan.

Sunjaya dinyatakan lulus dengan predikat cum laude dengan meraih IPK 3,8. Acara sidang terbuka yang dimulai Pukul 9.50  WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, kemudian dibuka oleh pimpinan sidang.

Serta dilanjutkan dengan pernyataan pertanggungjawaban akademik oleh ketua promotor promovendus atas disertasi dengan judul “Pengaruh Reformasi Birokrasi Tatalaksana, Profesionalisme dan Strategi terhadap Inovasi Daerah Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat”.

Berdasarkan hasil pernyataan atas nama tim promotor, mereka  memandang layak disertasi promovendus sesuai dengan nilai ilmiah dan akademik, untuk dihadapkan pada sidang promosi doktor.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan biodata secara lengkap atas nama promovendus dari mulai pendidikan, keluarga, sampai dengan jabatan struktural dan karir beliau.

Terakhir, tim promotor menyampaikan resume temuan hasil penelitian atas nama promovendus, yang pada intinya adalah bahwa reformasi tatalaksana, profesionalisme dan strategi berpengaruh nyata, positif dan signifikan terhadap inovasi daerah di Kabupaten Cirebon.

Setelah mendengarkan pertanggungjawaban disertasi, promovendus Sunjaya Purwadisastra memaparkan disertasinya kurang lebih selama tiga puluh menit.

Pemaparan diawali dengan latar  belakang berupa fenomena reformasi birokrasi, pemilihan topik dan permasalahan penelitian. Penelitian disertasi yang mengambil lokus Pemerintah Kabupaten Cirebon tersebut mengambil sample sebanyak 224 dari populasi  636 orang.

Setelah sidang dan dinyatakan lulus dengan predikat cum laude,  langsung dilanjutkan dengan wisuda dan penyerahan sertifikat kelulusan pasca sarjana doktor ilmu pemerintahan.

“Saya bersyukur, karena hari ini merupakan wujud hasil perjuangan selama menempuh pendidikan pasca sarjana. Sama seperti mahasiswa lainnya yang menempuh gelar untuk Doktor ini, sayapun belajar dan belajarnya di tengah kesibukan sehari-hari sebagai bupati,” katanya.

Sunjaya juga berharap gelar doktor ini bisa diimplementasikannya dalam kehidupan sehari-harinya. Apalagi sebagai bupati, ilmu pemerintahan sangar relevan dengan kinerjanya.

“Semoga bermanfaat untuk kinerja saya sebagai bupati, lebih mengetahui ilmu pemerintahan dan hasilnya akan membawa dampak positif terhadap Kabupaten Cirebon,” katanya.

Usai acara sidang dan wisuda, Sunjaya beserta istri dan anak mendapat ucapan selamat dari rektor selaku pimpinan sidang dan seluruh tim promotor, keluarga, sahabat, para pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed