oleh

BPJS Kesehatan Cirebon Jalin Kerja Sama Baru dengan 10 FKTP

Citrust.id – Sebagai upaya mempermudah akses layanan kesehatan bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Cirebon perluas jalinan kerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Jalinan kerja sama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama dengan 10 FKTP tentang Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama bagi JKN-KIS, Rabu (29/9).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ridha Mugiar, menjelaskan, BPJS Kesehatan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi FKTP untuk dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Bagi FKTP yang ingin menjadi mitra BPJS Kesehatan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Bagi FKTP milik swasta yang memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan, FKTP tersebut dapat mengajukan permohonan kerja sama ke BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi FKTP milik pemerintah yang memenuhi persyaratan, wajib bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Kerja sama sendiri dilaksanakan dengan membuat perjanjian tertulis, diawali dengan dilakukannya proses kredensialing bagi FKTP baru dan rekredensialing bagi FKTP yang sebelumnya telah bekerja sama,” lanjut Ridha.

Dalam kesempatan tersebut, Ridha juga menyampaikan, 10 FKTP yang baru bekerja sama sebelumnya telah dilakukan kredensialing oleh BPJS Kesehatan Cabang Cirebon dan telah memenuhi persyaratan. Adapun 10 FKTP tersebut terdiri dari satu FKTP di Kota Cirebon, tiga FKTP di Kabupaten Cirebon, dua FKTP di Kabupaten Kuningan, dan empat FKTP di Kabupaten Indramayu. Dengan adanya penambahan FKTP baru pada September ini, maka total FKTP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon sebanyak 430 FKTP.

“Sebagai lini terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan, peran FKTP sangatlah penting dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan. Adanya perluasan jalinan kerja sama ini kami harapkan mampu meningkatkan kepuasan Peserta JKN-KIS,” ucap Ridha.

Sementara itu, Titin Ning, salah seorang pimpinan dari FKTP yang baru bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, menyambut baik adanya kerja sama yang terjalin. Titin berharap, kerja sama itu dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua pihak.

“Terima kasih atas kepercayaan BPJS Kesehatan. Kami berkomitmen dan akan selalu berupaya untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat dan seluruh peserta JKN-KIS,” ujar Titin. (Haris)

Komentar

News Feed