oleh

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Akan Terjadi di Laut Utara Pulau Jawa

INDRAMAYU (CT) – Gelombang tinggi diperkirakan akan menerjang perairan pantai utara Pulau Jawa, meliputi wilayah Indramayu dan Cirebon hingga dua hari ke depan. Hal itu seperti diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Forecaster BMKG Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn.

Dikatakannya, jika tinggi gelombang saat ini mencapai 1,5 meter ditambah dengan angin yang kencang dan bersifat fluktuatif. Menurutnya, hal tersebut perlu diwaspadai bagi nelayan dengan kapal-kapal kecil dalam mencari ikan.

“Kondisi ini diprakirakan akan terjadi di perairan Cirebon dan Indramayu hingga dua hari kedepan” Ungkapnya, Jumat (19/08).

Ia menjelaskan, kondisi tersebut terjadi akibat adanya daerah tekanan rendah di perairan samudera hindia sebelah barat Sumatera Selatan, sehingga menyebabkan tarikan massa udara/angin yang melintas di utara Jawa Barat.

“Akibatnya, angin di utara Jabar lebih kencang dari normalnya dan menyebabkan peningkatan tinggi gelombang . Hal ini bagi kapal-kapal besar masih normal, sedangkan untuk kapal-kapal kecil penangkap ikan nelayan perlu hati-hati dan waspada” ungkapnya. (Didi)

BACA JUGA:   Kota Cirebon Terbaik untuk Testing Covid-19 di Jabar

Komentar

News Feed