oleh

Bigoreksia, Gangguan Pola Makan pada Pria

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Peneliti Australia menemukan, bila wanita dapat mengalami anoreksia untuk mencapai bentuk tubuh ideal, pria dapat mengalami bigoreksia. Hal itu merupakan studi skala besar pertama kali yang menganalisis gangguan mental dalam mencapai bentuk tubuh ideal pria dan wanita.  

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti dari University of Sydney mengungkapkan, bahwa gangguan yang berkaitan dengan bentuk tubuh dan pola makan juga bisa dialami oleh pria.

Bigorexia umumnya ditandai dengan gangguan citra tubuh dan pola makan, seperti aktivitas olahraga atau gym yang berlebihan untuk membangun otot-otot agar terlihat kekar, berlebihan melihat cermin, sering meminta pendapat orang lain apakah perut atau tubuh mereka sudah cukup berotot, padahal sudah sangat berotot, mengonsumsi suplemen dalam jumlah banyak, hingga menunjukkan perilaku gangguan makan.

Sayangnya, tak seperti anoreksia, sebagian besar kasus bigoreksia tidak terdiagnosis, dan berefek buruk pada kesehatan mental dan kualitas hidup pria, seperti menjadi mudah cemas dan depresi, sulit percaya diri, sulit merasa puas, hingga gangguan sosialisasi.

Dan penelitian ini mencoba menggarisbawahi keseriusan itu. Pasalnya, pria cenderung lebih sulit untuk mencari bantuan sehingga berdampak pada sulitnya pengobatan. Celakanya, kebanyakan pria yang mengalami gangguan citra tubuh dan gangguan pola makan sulit untuk menyadari. (Net/CT)

BACA JUGA:   Trotoar Diperlebar, Jalan Siliwangi Bakal Makin Sempit

Komentar

News Feed