oleh

Bermain Gobak Sodor Menjadi Permainan Langka

Cirebontrust.com – Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Cirebon, mensinyalir ada beberapa permainan atau olahraga saat ini jarang dilakukan oleh sebagian masyarakat. Hal itu, menyusul semakin berkurangnya lahan terbuka untuk aktivitas olahraga, salah satunya olehraga Gobak Sodor.

Dikatakan Ketua FORMI Edial Sanif, lahan terbuka yang tersisa untuk olahraga rekreasi seperti permainan tradisional Gobak Sodor dan lainnya di Kota Cirebon hanya berkisar di angka 40 tempat. Hal itu menimbulkan keprihatinan tersendiri.

“Tempat olahraga rekreasi berbeda dengan olahraga lain, karena hanya membutuhkan lahan terbuka dan memungkinan masyarakat melakukan kegiatan olahraga seperti sepakbola mini, permainan anak seperti Gobak Sodor,” ucap Sanif.

Dikatakan Sanif, meski tren olahraga rekreasi makin meningkat, namun lahan yang tersisa terus tergerus oleh pembangunan hotel dan perumahan.

Sanif melanjutkan, peningkatan tren kebutuhan olahraga rekreasi warga Kota Cirebon terlihat antusias warga yang membeludak saat ada festival.

“Setiap ada festival pasti membeludak. Makanya kita akali dengan berkoordinasi sejumlah pengurus di tiap kecamatan dan kelurahan untuk mendorong pemanfaatan lahan kosong menjadi tempat berolahraga. Olahraga rekreasi merupakan jenjang pertama dalam menumbuhkan minat prestasi olahraga bagi generasi muda, jadi ini sangat penting,” terang Sanif. (Wilda)

BACA JUGA:   Keren, e-Warong Mapan Bersama Terbaik di Jabar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed