oleh

Barang Milik Penumpang KA yang Tertinggal Diserahkan kepada Polisi

Citrust.id – PT KAI Daop 3 Cirebon menyerahkan 14 barang berharga milik para penumpang KA yang tertinggal kepada Polres Cirebon Kota, Kamis (15/4). Barang berharga itu berupa perhiasan, handphone berbagai merek, jam tangan, dan dompet yang berisi uang.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, penyerahan barang berharga tersebut sesuai SOP penanganan barang hilang di KAI. Barang temuan dengan kategori Barang Berharga yang telah melewati jangka waktu penyimpanan selanjutnya diserahkan kepada pihak kepolisian.

Suprapto menambahkan, pelaporan barang hilang dapat dilakukan melalui Contact Center 121 melalui telepon 021-121, WhatsApp KAI 121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121). Berdasarkan laporan kehilangan yang diterima, petugas CC 121 akan mencari barang hilang tersebut di web barang hilang dan temuan.

“Apabila barang hilang belum terdata, maka petugas CC 121 melakukan pencatatan pada web tersebut. Setelah itu, petugas meneruskan informasi itu kepada unit Pusat Pengendali Pelayanan guna dilakukan tindakan pencarian selanjutnya,” ujar Suprapto.

Kategori Barang Temuan terdiri dari barang makanan dan minuman, barang biasa, seperti pakaian, sepatu, tas, dan helm serta Barang Berharga, antara lain emas, uang, dan handphone. Jika ditemukan, sebisa mungkin barang tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya.

“Apabila tidak dapat diketemukan pemiliknya, PT KAI akan melakukan penyimpanan barang temuan yang tidak diketahui pemiliknya berdasarkan kategori jenis barang. Sebagai contoh, untuk Barang Kategori biasa akan disimpan selama 1 bulan,” jelas Suprapto.

Surpapto menambahkan, selama 2019, telah diketemukan 209 barang temuan, dengan kategori enam barang makanan, 57 barang biasa dan 146 barang berharga. Sementara pada 2020, terdapat 99 barang temuan, berupa empat barang makanan, 58 barang biasa dan 37 barang berharga.

“PT KAI Daop 3 Cirebon selalu berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada para pengguna layanan KA. Salah satu modal penting yang selalu dibudayakan kepada para pegawai KAI adalah nilai- nilai Integritas,” tandasnya. (Haris)

Komentar

News Feed