oleh

Banjir dan Longsor Landa Cikijing, Warga Keluhkan Drainase Buruk

Citrust.id – Warga Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka mengeluhkan buruknya drainase di ruas jalan Majalengka-Cikijing-Kuningan yang menyebabkan banjir rutin setiap hujan deras dan menyebabkan putusnya arus lalu-lintas di jalan Majalengka-Cikijing-Kuningan.

“Buruknya drainase menyebabkan banjir rutin di perbatasan desa kasturi dan banjaransari kecamatan cikijing Kabupaten Majalengka,” kata Asep warga setempat, Sabtu (06/01).

Banjir hingga menyebabkan lalu-lintas putus total dan ketinggian air hampir 1 meter, disebabkan tidak terawatnya drainase air di kecamatan cikijing yang mengakibatkan langganan banjir di setiap musim penghujan.

“Hampir setiap musim hujan daerah ini menjadi langganan banjir, dan kali ini merupakan banjir terbesar,” kata dia.

Menyikapi adanya laporan masyarakat tentang banjir sehingga merendam ruas jalan raya Cikijing, tepatnya di Desa Kasturi dan Desa Banjaransari, Kapolsek Cikijing, Kompol Wawan Kuswana, S.H, Kanit Provos Bripka Purwanto, Kasi Humas Bripka Anggi Pratama, S.E beserta dua anggota lainnya bergegas mendatangi lokasi genangan air akibat hujan.

Untuk mengantisipasi jangan sampai pengemudi mobil maupun sepeda motor terperosok dikarenakan jalannya berlubang, maka personel Polsek berdiri menempatkan diri di tepi jalan.

Kapolsek Cikijing Kompol Wawan Kuswana, S.H melalui Kasi Humas Bripka Anggi Pratama, S.E menjelaskan bahwa, Jika cuaca hujan turun hingga berjam-jam, maka di wilayah Desa Kasturi dan Desa Banjaransari sudah bisa diduga akan terjadi banjir, karena air hujan tak bisa mengalir karena tertahan oleh tumpukkan sampah dan tidak ada gorong-gorong.

Anggota Polsek Cikijing Bripka Purwanto, Bripka Anggi Pratama, S.E dan Bripda Yosep Naibaho Parulian mengecek lokasi tanah longsor di Blok Cupusari Desa Kasturi Kecamatan Cikijing.

Penyebab terjadinya tanah longsor tersebut dikarenakan akibat curah hujan yang tinggi, dan tanah tidak stabil dikarenakan pinggir jurang. Selain itu, jalan yang terhubung antara Desa Kasturi dengan Desa Jagasari terancam putus, tetapi masih bisa terlewati kendaraan.

BACA JUGA:   Lesbumi Cirebon Sampaikan Pesan Toleransi Melalui Lakon Wayang di Delapan Tajug

“Kejadian longsor terjadi pada sore hari tadi dengan panjang longsor sekitar 11 meter dan ketinggian antara 3-4 meter dikarenakan curah hujan yang tinggi, serta anggota berupaya melakukan assasment dan pendataan tahap awal serta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang aman ketika terjadi hujan,” Ujar Kasi Humas Polsek Cikijing Bripka Anggi Pratama. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed