oleh

Bangunan Tua LP Kelas 1 Cirebon Masih Terjaga Keasliannya

CIREBON (CT) – Lembaga Pemasyarakan (LP) Kelas 1 Cirebon terletak di Jalan Kesambi No. 8, Kelurahan Kesambi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Bila kita melewati bangunan ini, sepintas hampir sama dengan bangunan-bangunan tahanan lainnya. Denahnya berbentuk segi empat, ada benteng tinggi berkawat berduri, pintu masuknya tinggi, kokoh, lebih lanjut kemegahan LP ini akan terlihat ketika masuk di dalamnya.

Secara umum, bangunan ini dibagi menjadi enam bagian. Ada bangunan tahanan, berbentuk sel-sel memanjang dengan ukuran ruang 2×4 meter, berdinding dan beratap beton. Ada pula bangunan pertenunan yang berbentuk seperti hanggar pesawat. Kemudian sarana ibadah seperti masjid dan gereja. Selain itu ada rumah sakit yang berbentuk persegi empat dengan pintu dan jendela yang kuno. Ruang kantor yang digunakan oleh pegawai yang terdapat menara untuk mengawasi tahanan. Terakhir sarana penunjang seperti dapur umum, lapangan olahraga, dan koperasi.

Bangunan LP ini sudah ada sejak zaman Belanda dan masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Dibuktikan dengan arsitektur bangunan dan adanya mesin-mesin pemintalan. Selain itu, ada makam tahanan yang konon tewas ketika melawn sipir Belanda. Namun, menurut sumber lain, kuburan tersebut merupakan makam pegawai LP yang tewas akibat serangan darat tentara Belanda pada 21 Juli 1947. (Net/CT)

BACA JUGA:   MUA Ciayumajakuning Antusis Ikuti Kompetisi Tata Rias QL Cosmetic

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed