oleh

Ayo Unduh Mobile JKN, Banyak Manfaatnya

Citrust.id – Aplikasi Mobile JKN mudah dipahami dan banyak kegunaannya. Hal itu dikatakan Muhammad Nurdin (37), warga Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Ia merupakan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmentasi Pekerja Penerima Upah (PPU).

Ia didaftarkan sebagai Peserta JKN-KIS sejak era Askes tahun 2006 dikarenakan ia PNS di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cirebon.

“Aplikasinya sederhana mudah dipahami tapi sangat berguna. Saya dan keluarga sudah instal Mobile JKN,” ucapnya, Kamis (26/9).

Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi untuk kemudahan calon peserta atau peserta JKN-KIS dengan memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi tersebut dapat diunduhbdi Google Playstore atau Apps Store.

Melalui Aplikasi Mobile JKN, Peserta JKN-KIS dapat memperoleh kemudahan dalam mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Selain itu, pengguna aplikasi Mobile JKN juga dapat menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

“Saya paling suka fitur kartu digitalnya. Kalau kita lupa tidak bawa kartu JKN-KIS, tidak usah khawatir. Zaman sekarang orang lebih khawatir kalau ketinggalan handphone dibandingkan dompet. Aplikasi BPJS Kesehatan ini sangat sesuai dengan perkembangan zaman,” ungkapnya.

Dengan makin berkembangnya aplikasi Mobile JKN dari tahun ke tahun diharapkan mampu memenuhi kebutuhan peserta. Terbaru melalui aplikasi Mobile JKN terdapat fitur Autodebit iuran JKN-KIS tanpa rekening bank. Autodebit iuran JKN-KIS tanpa rekening bank dapat dilakukan melalui uang elektronik Mobile Cash.

Caranya, peserta dapat mendaftarkan autodebit iuran cukup dengan menggunakan telepon seluler 2G dan menekan *141*999# (khusus pengguna telkomsel dan indosat) dan memilih menu daftar. Setelah mendaftar peserta dapat langsung melakukan pembayaran/pengisian saldo iuran di Kantor Pos, Alfamart, transfer VA BRI, transfer VA Bank Mandiri, jejaring Apotek Sanafarma di seluruh Indonesia, dengan menyebutkan nomor peserta dan nomor telepon.

BACA JUGA:   Trafik Internet Telkomsel Meningkat Tajam Selama WFH

“Sangat berguna sekali aplikasi Mobile JKN. Di Mobile JKN, saya juga bisa tahu riwayat penggunaan JKN saya. Ayo, unduh aplikasi ini sekarang juga. Banyak manfaatnya, loh,” ajaknya. (*)

Komentar

News Feed