oleh

Awas! Modus Baru Pecahkan Kaca Mobil Menggunakan Busi

CIREBON (CT) – Bagi Anda yang memiliki mobil pribadi jenis apapun, nampaknya harus selalu waspada. Lantaran, baru-baru ini banyak motif baru memecahkan kaca mobil tanpa terdengar suara menggunakan busi. Seperti dikutip dari Liputan6.com, aksi kriminal ini perlu diwaspadai. Cara pelaku melakukan tindakan tersebut hanya membutuhkan waktu sebentar saja.

Pada mulanya, komplotan pencuri memecahkan keramik di busi mobil dengan bantuan batu yang cukup besar. Setelah menjadi serpihan, pecahan keramik tersebut dimasukkan ke mulut agar bercampur dengan air ludah dan lengket menyatu. Selanjutnya, komplotan pencuri melemparnya ke kaca mobil. Dan, Prakk…!! Kaca mobil retak di seluruh bagian. Dengan sedikit dorongan, kaca mobil dapat dilepaskan.

Hal tersebut dapat terjadi karena keramik memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding kaca mobil. Keramik atau alumunium oxide ceramic memiliki tingkat kekerasan 9 Skala Mohs, setingkat di bawah Intan (10 Skala Mohs). Sedangkan kaca mobil yang berasal dari batu kwarsa memiliki tingkat kekerasan 6,5 Skala Mohs.

Hal tersebut membuat kaca mobil dapat dipecahkan oleh keramik, tapi tidak mudah pecah oleh besi dan platinum yang tingkat kekerasannya hanya 4,5 Skala Mohs. Skala Mohs sendiri merupakan ukuran tingkat kekerasan yang ditemukan oleh Friedrich MOhs pada tahun 1812. (Net/CT)

BACA JUGA:   Police Goes to School Sambangi SMPN 2 Majalengka

Komentar

News Feed