oleh

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Lupa Minum Pil KB?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Mengonsumsi pil KB salah satu cara yang banyak dipilih oleh para wanita yang sudah menikah. Nah, pil kontrasepsi atau pil KB ini disukai lebih dari 100 juta wanita di dunia, karena relatif mudah digunakan dan efektif untuk merencanakan kehamilan, selama penggunaannya benar dan sesuai aturan.

Menurut ketentuan dokter, agar efektif, pil kontrasepsi harus diminum rutin setiap hari di jam yang sama sampai selesai satu siklus. Bukan hanya pada saat akan berhubungan intim. Lalu, bagaimana jika lupa meminumnya?

Jika lupa satu atau dua pil KB hormonal biasa, segera minum pil yang lupa dan tak perlu kontrasepsi tambahan. Sedangkan, jika lupa satu pil KB hormonal low dose (dosis rendah) 20 mikrogram, bisa langsung dilanjutkan minum pil berikutnya dan tanpa perlu kontrasepsi tambahan.

Bila lupa dalam rentang 12 jam, segera setelah ingat, minum pil yang terlupa dan pil berikutnya. Artinya minum sekaligus dua pil dalam satu hari. Tapi, jika lupa lebih dari tiga pil, selain tetap melanjutkan minum pil, Anda bisa menggunakan kondom sebagai kontrasepsi tambahan. (Net/CT)

BACA JUGA:   KPK Kembali Sita Aset Sunjaya

Komentar

News Feed