Tiga Kerjasama yang Bisa Dimanfaatkan untuk Promosikan Empal Gentong ke Kancah Dunia

CIREBON (CT) – Empal gentong, makanan khas Cirebon dipercaya mampu mengangkat Indonesia sebagai kuliner yang bisa dipromosikan keluar negeri.

Praktisi budaya yang juga Wakil Direktur Badan Pengelola Sunyaragi, Muhammad Akbar memaparkan bahwa ada tiga cara kerjasama antar negara, yang bisa dimanfaatkan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan empal gentol ke kancah dunia.

“Bisa dengan cara B to B (Business to Business) atau kerjasama B to G (Business to Government) atau bahkan dengan cara G to G (Government to Government), antara pemerintah Korea Selatan yang mengaku sedang menggandrungi wisata kuliner dengan Indonesia yang punya Empal Gentong,” terang Akbar kepada CT, Selasa (08/03).

Akbar juga mencontohkan bagaimana batik bisa mendunia dengan tiga strategi promosi tersebut. Tak bisa dipungkiri juga, bahwa label metropolitan yang sebentar lagi disandang Cirebon bisa membantu berbagai kuliner untuk berekspansi keluar negeri.

“Potensi itu yang harus dimanfaatkan, batik saja bisa mendunia, harusnya empal gentong pun bisa,” lanjut Akbar.

Sekedar informasi, Kim Choongryung (35) wartawan dari Chosun Daily News asal Korea Selatan, saat menghadiri famtrip bersama Kementerian Pariwisata mengungkapkan bahwa, warga Korea Selatan sedang menggandrungi acara kuliner di televisi. Ia pun menyarankan agar pemerintah Indonesia bisa menyisipkan makanan khas nusantara untuk dipromosikan ke Korea Selatan sebagai wujud kerjasama. (Wilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *