Dirjen Imigrasi Silmy Karim Turut Jaga Konter di Bandara Soetta

Citrust.id – Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, memanfaatkan akhir pekan dengan berbeda. Sementara, sebagian pegawai menyambut awal long weekend, ia mengambil shif jaga konter pemeriksaan paspor di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (14/9/3024).

Silmy datang pagi-pagi ke Soetta, sekitar pukul 05.00 WIB. Ia datang dengan setelan penjaga konter paspor menggunakan seragam hitam dengan atribut Imigrasi.

Silmy lebih dulu memimpin apel, lalu menjelaskan, shifnya berjalan dari pagi sampai siang, pukul 06.00 sampai 14.00 WIB.

“Pas weekend, saya ngapain, ya? Liburan tak jadi, jadi ya saya ambil kesempatan untuk ikut menjaga di konter,” ujar Silmy Karim, Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Silmy mengaku ingin ikut memantau dan mengecek dinamika perlintasan di Bandara Soetta secara langsung. Ia ingin merasakan bercengkerama langsung dengan pelancong yang keluar dan masuk ke Indonesia.

“Merasakan bagaimana dinamika di konter menghadapi pelintas dan melihat beragam fasilitas. Ini pengalaman yang menyenangkan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dirjen Imigrasi Silmy Karim dengan semangat menjaga konter pemeriksaan paspor di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten dengan men-scanning paspor pelintas sambil menyapa dan mengobrol dengan para pelintas.

“Assalamualaikum, Ibu mau ke mana?” sapa Silmy ramah kepada salah satu calon penumpang.

“Umrah, Pak,” jawab pelintas itu ketika Silmy mengecek dan mengecap paspornya.

“Ini umrah pertama, Bu? Paspornya juga baru bikin ya, Bu ? Ucap Silmy.

Ia lanjut menanyakan daerah asal pelintas tersebut dan mendoakan keselamatan dan kelancaran ibadah umrah bagi ibu itu. Semua ia lakukan sambil memvalidasi paspor.

“Sehat-sehat ya, Ibu. Selamat jalan,” kata Silmy, sambil mengembalikan paspor calon penumpang tersebut sambil tersenyum.

Di sela-sela antrean pelintas di konter, Silmy menunjukkan cara kerja konter dan aplikasi Imigrasi di Bandara. Ia memperlihatkan fitur aplikasi pengecekan paspor, khususnya yang terkait dengan daftar pencekalan.

BACA JUGA:  Uniku Berbagi Tebar Ribuan Paket Takjil

Aplikasi tersebut akan memvalidasi dengan cara di-scanning, lalu memunculkan data para penumpang seperti status paspor, riwayat, perjalanan, daftar cekal, dan data Interpol.

“Nah, ini aktif tidak dalam daftar cekal, Interpol juga tidak,” jelas Silmy, memperlihatkan salah satu status paspor pelintas yang sedang ia validasi.

“Berarti Bapak orang baik-baik,” ujar Silmy, kepada calon penumpang yang hendak ke Singapura.

Silmy berjaga di konter nomor 5 untuk delapan jam kerja di shif pertama. Ia menganggap waktu menjaga konter sebagai rekreasinya. Kesempatan itu juga digunakan Silmy untuk mengecek fasilitas dan peralatan penjaga perlintasan.

“Biar merasakan ada masalah apa yang perlu perbaikan, dan melihat peralatannya masih bagus atau tidak. Ini aplikasinya baru versi 4.0.4. Nah,.ini juga menyangkut kecepatan,” tutur Silmy.

Silmy pun menikmati sekali perannya sebagai penjaga konter paspor hari ini dan berharap semua pelayanan di bandara bisa lebih baik dan maksimal baik sekarang maupun ke depannya.”

“Kami akan maksimalkan pelayanan dengan baik dan optimal untuk masyarakat. Kalau ada keluhan laporkan saja,” ungkapnya. (Haris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *