Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon kembali menghadirkan layanan BPJS Keliling. Kali ini, layanan jemput bola milik BPJS Kesehatan ini diadakan di Balai Desa Adidharma, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon bersamaan dengan kegiatan Safari Keliling Adminduk tahun 2024 yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon, Selasa (25/6/2024).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Adi Darmawan mengungkapkan bahwa BPJS Keliling merupakan salah satu layanan jemput bola yang sedang dioptimalkan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), namun tempat tinggalnya berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Melalui layanan BPJS Keliling, BPJS Kesehatan akan mendatangani wilayah yang kurang terhadap akses bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan tanpa harus datang ke kantor cabang. Dengan adanya layanan tersebut, masyarakat yang berada di sekitar wilayah diadakannya BPJS Keliling, dapat mengakses pelayanan administrasi kepesertaan, serta pelayanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta JKN.
“Beberapa pelayanan yang dapat dilakukan di BPJS Keliling yaitu pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, pengecekan keaktifan peserta, konsultasi dan informasi, skrining riwayat kesehatan serta melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN,” jelas Adi.
Menurut Adi, kegiatan BPJS Keliling secara rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling setiap harinya di tempat-tempat tertentu mulai dari instansi pemerintah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, hingga beberapa titik strategis untuk menjangkau layanan kepada masyarakat seperti di kelurahan ataupun Desa yang aksesnya cukup jauh ke kantor BPJS Kesehatan.
“Semoga melalui kegiatan BPJS Kesehatan keliling dapat semakin mempermudah akses layanan bagi peserta JKN,” ucap Adi.
Dalam kesempatan tersebut, Adi juga berharap adanya dukungan penuh dari berbagai pihak untuk dapat memastikan layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN di Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan mudah, cepat dan setara. Mudah akses layanan kesehatan dan administrasi layanan kesehatan yang diwujudkan dengan digunakannya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai salah satu identitas peserta JKN saat mengakses pelayanan.
“Cepat dalam antrean pelayanan di fasilitas kesehatan baik itu pelayanan medis, tindakan medis, pelayanan obat serta respons pelayanan informasi dan pengaduan. Setara yang berarti tidak terdapat perbedaan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Adi.
Hadirnya layanan BPJS Keliling itu pun mendapatkan respons positif dari masyarakat sekitar. Hal tersebut dibuktikan dengan cukup banyaknya masyarakat yang datang ke lokasi layanan BPJS Keliling di Desa Adidharma.
Kepala Desa Adidharma, Suharto di sela-sela pelayanan BPJS Keliling menyatakan bahwa masyarakat sekitar desa sangat antusias berdatangan ke lokasi tempat diadakannya BPJS Keliling.
“Kami tentunya menyambut dengan tangan terbuka kedatangan Tim BPJS Keliling. Mudah-mudahan melalui layanan BPJS Kesehatan keliling dapat menjawab semua kebutuhan masyarakat terutama peserta JKN itu sendiri,” tutur Suharto.
Suharto pun turut menyampaikan ucapan terima kasih karena layanan BPJS Keliling yang diadakan di Desa Adidharma, telah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi seputar Program JKN. ia juga mengucapkan terima kasih karena Program JKN telah banyak dirasakan manfaatnya terlebih saat membutuhkan jaminan layanan kesehatan.
Meski begitu, Suharto tetap berpesan kepada seluruh peserta JKN untuk dapat menerapkan hidup bersih dan sehat sebagai salah satu upaya promotif dan preventif.
“Dengan membiasakan diri hidup bersih dan sehat, diharapkan dapat mengurangi risiko terkena penyakit,” pungkas Suharto. (*)