oleh

Wedang Sereh Buatan Kodim Majalengka Tingkatkan Imunitas Tubuh

Citrust.id – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M dan 1 T. Mulai dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Namun, ada salah satu terobosan yang dilakukan Kodim 0617 Majalengka dalam mencegah paparan Covid-19, yakni membuat wedang jahe.

Komandan Kodim 0617 Majalengka Letkol (Inf), Andik Siswanto, mengatakan, cara yang paling efektif dalam mencegah penularan Covid-19 adalah menerapkan protokol kesehatan. Akan tetapi, kondisi itu perlu ditopang dengan peningkatan daya tahan tubuh.

Hal itulah yang mendasari pihaknya mencoba membuat formula baru dalam membuat wedang dengan bahan dasar rempah-rempah. Kandungannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

“Di antara kandungan kimia dalam rempah-rempah, seperti jahe, sereh, daun pala, cengkeh, kayu secang, dan cengkeh, dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga ketika ada penyakit atau virus masuk,” ujar Dandim saat bersilaturrahmi ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka, Rabu (2/12).

Dikatakan dia, pembuatan minuman yang dikemas dalam wedang jahe itu bisa menjadi alternatif dalam menjaga kesehatan. Minuman hangat penuh khasiat ini diberi nama Wedang Uwuh Sugih Mukti.

“Wedang sereh wangi yang kami buat bukan hanya sekadar teori, tetapi sudah diproduksi dan dinikmati dalam jumlah besar. Khasiatnya selain meningkatkan imunitas tubuh juga untuk menurunkan kolestrol, kaya akan antioksidan, menyegarkan badaan, serta melancarkan sirkulasi tubuh,” katanya.

Pihaknya menyarankan, di tengah melonjaknya pandemi Covid-19 ini, masyarakat tidak lelah menerapkan protokol kesehatan dan selalu daya tahan tubuh. Salah satunya mengkonsumsi Wedang Uwuh Sugih.

“Ini minuman para raja terdahulu. Khasiatnya bisa mengobati dan mencegah beragam penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh kita. Karena dengan rajin mengkonsumsi minuman rempah-rempah dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit,” ujarnya.

BACA JUGA:   Konsumsi Pertalite dan Pertamax di Ciayumajakuning Meningkat

Selain itu, hadirnya Wedang Uwuh Sugih Mukti, sekaligus menjadi bagian dari visi dan misi Kodim 0617/Majalengka, melalui program Sereh Wangi Sugih Mukti. Dalam proses pembuatannya memberdayakan masyarakat setempat untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan pemberdayaan ekonomi.

Bahkan, saat ini, produk itu menjadi percontohaan di Kemendikbud RI. Tahun depan, Majalengka akan menjadi percontohan bagi kota dan kabupaten di daerah lain.

“Melalui program Sereh Wangi Sugih Mukti, kami terus menunjukkan komitmen dalam mendukung ketahanan pangan, ekonomi dan kesehatan masyarakat Kabupaten Majalengka yang Raharja,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga saat ini tengah merancang konsep kampung kuliner di tengah hutan. Lokasinya di Desa Bayureja, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka.

“Nanti, di kampung kuliner ini akan tersedia makanan tradisional, termasuk sarana dan prasananya. Sehingga diharapkan ini menjadi kuliner khas sekaligus ikon baru bagi Majalengka,” ungkapnya. (Abduh)

Komentar

News Feed