oleh

Waspadai Bahaya Penyakit Jantung Bengkak

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Jantung bengkak merupakan istilah awam yang sering dokter pakai dalam menjelaskan diagnosis kepada pasien agar mudah diterima, sekilas pasti banyak yang bertanya-tanya dan belum banyak tahu tentang jantung bengkak ini. Dalam istilah medis jantung bengkak disebut sebagai Kardiomegali (Cardiomegaly) yaitu pembengkakan jantung sehingga ukurannya membesar melebihi jantung normal. Biasanya hal ini dapat diketahui setelah seseorang melakukan pemeriksaan rontgen dada.

Jantung bengkak timbul akibat respons terhadap kerusakan pada otot jantung. Ada dua jenis masalah dalam hal ini, yang pertama jantung bengkak akibat melonggarnya otot jantung sehingga volume bilik jantung menjadi lebih besar atau disebut juga dengan kardiomegali dilatasi dan yang kedua akibat penebalan pada otot jantung atau disebut sebagai hipertrofi.

Sedangkan pada kardiomegali hipertrofi, otot ventrikel kiri jantung menjadi menebal. Hal ini paling sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menyebabkan pembesaran ventrikel kiri (hipertrofi). Pembengkakan Jantung dapat disebabkan oleh kondisi yang menyebabkan jantung untuk memompa lebih keras dari biasanya atau yang merusak otot jantung. Akan tetapi, terkadang jantung membesar dan menjadi lemah untuk alasan yang tidak diketahui (idiopathic). Gejalanya sesak napas, terkadang nyeri dada, kelelahan, berat badan bertambah karena pembengkakan, kaki bengkak. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pura-Pura Tawarkan Rumah, Pelaku Hipnotis Bawa Lari Rp200 Juta

Komentar

News Feed