oleh

Tingkatkan Pemasaran Produk, Pelaku UMKM Harus Maksimalkan Media Online

CIREBON (CT) – Maraknya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cirebon yang bekerjasama dengan perusahaan e-commerce untuk berjualan dengan memanfaatkan sarana online atau digital, merupakan bagian dari inovasi yang dilakukan pelaku UMKM.

Hal itu dikatakan Kabid UMKM Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Cirebon, Drs. H Juri Ashari, didampingi Kasi Sumber Daya, Hj Dwi Sulistyorini, ketika ditemui CT.

Menurut Juri, tantangan bagi UMKM ke depan adalah dapat ikut berperan aktif dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Cirebon menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Kedua hal itu sangat berkaitan dan memberikan dampak pada sektor-sektor yang dikelola UMKM.

Apalagi ketika produk-produk dari luar negeri masuk ke Indonesia dengan segala kelebihan penjualannya, pelaku UMKM Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Cirebon harus jeli, kreatif dan lebih siap menghadapinya dan menangkap peluang-peluang yang ada.

Salah satu inovasi dan kreatifitas pelaku UMKM dalam hal marketing penjualan adalah memanfaatkan sarana online atau digital. Dengan memanfaatan sarana online atau digital, pangsa pasar yang diraih bisa lebih luas dan interaksi antara penjual dan pembeli lebih mudah dan nyaman.

“Sehingga hal itu diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen yang tentunya bermuara pada peningkatan omzet usaha,” katanya. (Haris)

BACA JUGA:   RedBox Barbershop Perkenalkan Paket Perawatan Rambut Terbaru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed