oleh

Tekan KIB, Puskesmas Kalitanjung Raih Penghargaan dari Pemda Kota Cirebon

Citrust.id – Puskesmas Kalitanjung, Harjamukti, meraih penghargaan dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon atas pengabdian dan kerja sama dalam pelaksanaan program Rumah Sakit Berbasis Masyarakat (RSBM), Senin (20/7), di Hotel Cordela, Kota Cirebon.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH, mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terus berupaya menekan tingkat kematian ibu dan bayi.

“Upaya yang dilakukan di antaranya dengan program Rumah Sakit Berbasis Masyarakat (RSBM) yang berlangsung sejak 2006,” ujar Wali Kota.

Usai menerima penghargaan, Kepala Puskesmas Kalitanjung, dr. Hj. Walyanah, MH.Kes, menuturkan, Puskesmas Kalitanjung terus memberikan pelayanan kesehatan optimal bagi masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan sistem Rumah Sakit Berbasis Masyarakat (RSBM).

Melalui RSBM, Puskesmas Kalitanjung melakukan penapisan ibu hamil hingga melahirkan. Selain itu, ada pelayanan dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis anak.

“Kami melakukan penapisan ibu hamil, Kelas Ibu, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, dan pelayanan dokter spesialis kandungan sebulan dua kali,” jelasnya.

Inovasi lain adalah program Kader Mitra KIH. Melalui program tersebut, Puskesmas Kalitanjung bekerja sama dengan Kader PKK, memantau ibu hamil dan menyusui, terutama yang beresiko serta masyarakat yang punya riwayat penyakit.

Walyanah menambahkan, Puskesmas Kalitanjung, akan mempertahankan kualitas kinerja dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dengan menerapkan RSBM, Puskemas Kalitanjung turut berperan dalam menekan tingkat kematian ibu dan bayi di Kota Cirebon,” ucap Walyanah. (Haris)

BACA JUGA:   STMIK IKMI Cirebon Buka Beasiswa KIP KPM PKH Jabar I, Ini Rincian Kuotanya

Komentar

News Feed