Taekwondo Kabupaten Cirebon Sukses Gelar Kejuaraan Merdeka Championship

Citrust.id – Pengurus Cabang Taekwondo Kabupaten Cirebon sukses gelar kejuaraan Merdeka Championship 2024 di GOR Ranggajati, Kabupaten Cirebon, Minggu (26/5/2024).

Ratusan atlet Taekwondo dari seluruh wilayah Ciayumajakuning antusias berlaga dalam kejuaraan bergengsi tersebut.

Ketua panitia kejuaraan, Armadi, mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme dan partisipasi yang luar biasa dari para atlet.

“Ini adalah momentum penting bagi para atlet muda, untuk menunjukkan kemampuan mereka dan mengembangkan kemampuan mereka juga,” ujar Armadi.

Armadi menjelaskan, kejuaraan itu terbagi dalam berbagai kategori. Mulai dari pracadet, cadet, dan junior. Sementara, untuk jenis pertandingan terdiri dari kyorugi dan poomsae.

“Ada 27 tim atau unit teakwondo yang ikut dalam kejuaraan ini. Dari target 500 peserta, kami bisa menjaring sekitar 370 peserta dari berbagai wilayah III Cirebon, kecuali Majalengka yang tidak mengirimkan peserta dalam kejuaraan ini,” ujar Armadi.

Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka, turut menyampaikan apresiasinya.

“Kami berharap, kejuaraan ini dapat menjadi ajang pembinaan dan peningkatan prestasi atlet taekwondo di wilayah Ciayumajakuning. Semoga, para atlet dapat bertanding dengan penuh semangat dan fair play,” tutur Teguh Rusiana Merdeka.

Menurut Teguh, acara itu tidak hanya menjadi wadah kompetisi, tetapi juga buat untuk mengenalkan olahraga taekwondo kepada masyarakat di Kabupaten Cirebon.

“Kami ingin menggairahkan masyarakat terhadap olahraga beladiri Taekwondo. Kami kenalkan tentang taekwondo, bahwa taekwondo ini sama halnya dengan beladiri lainnya, seperti pencak silat, dan lain sebagainya,” tutur Teguh.

Teguh mengaku telah meminta izin kepada Pengprov Jawa Barat, agar kejuaraan taekwondo di Kabupaten Cirebon itu bisa rutin setiap tahun. Tujuannya, agar bibit-bibit unggul bisa tercetak dalam setiap tahun dan bisa memberikan prestasi bagi taekwondo Kabupaten Cirebon.

“Alhamdulillah, kejuaraan ini berjalan lancar dan sukses. Insyaallah, ke depan kami akan menggelar kegiatan kejuaraan tingkat Jawa Barat dan bisa berlangsung rutin setiap tahun,” kata Teguh.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Umum Pengprov Taekwondo Jawa Barat, Master Suryana, juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada jajaran panitia dan pengcab taekwondo Kabupaten Cirebon, karena telah sukses mengadakan kejuaraan itu.

“Mudah-mudahan, kejuaraan ini menjadi pemicu untuk kembali mengadakan kejuaraan dengan level lebih tinggi,” ungkapnya.

Divie juga berharap, kejuaraan itu mampu mencetak atlet taekwondo berbakat yang bisa tampil di tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

“Kejuaraan ini sebagai ajang untuk mengasah kemampuan dan juga mental para atlet. Sehingga nantinya, atlet Taekwondo yang ikut dalam kejuaraan ini sudah tidak diragukan lagi kemampuan dan mentalnya saat mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi,” tandasnya. (Haris)

Komentar