oleh

Sungai Garam di Desa Pengarengan Meluap, Rumah Warga Terendam

Citrust.id – Sungai sebagai jalur air kini semakin rawan menyebabkan banjir, karna tidak ada pembatas sungai seperti tanggul. Sehingga saat musim hujan dan intensitas hujan tinggi, air sering meluap ke permukaan dan merendam perumahan warga.

Seperti halnya Sungai Garam yang terletak di desa Pengarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon. Dari penuturan salah satu warga, Daryono, sungai garam setiap musim penghujan airnya akan meluap.

“Sungai ini bermuara di laut lepas, dan biasanya dilewati oleh nelayan yang hendak melaut. Perahu-perahu nelayan disandarkan di bahu sungai bagian utara jembatan, banjirnya pun lebih tinggi di pemukiman warga yang berada di selatan jembatan,” tutur Daryono.

Daryono menambahkan, nampak juga rumah warga yang berada di sekitaran sungai tersebut terendam air dari luapan sungai garam, hingga aktivitas masyarakat lumpuh. Sejumlah warga ada yang tetap tinggal di rumah masing-masing, ada pula yang mengungsi di masjid setempat.

“Ini jadi PR pemerintah dan warga agar saling bersinergi untuk mengembalikan fungsi sungai, sehingga musibah banjir tidak lagi terjadi,” ujar Daryono. /Imam Zarkasi

BACA JUGA:   Waspada Terjadi Angin Kencang di Majalengka dan Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed