oleh

Situs Makam Adipati Waringin Suranenggala Kidul Bakal Direnovasi

Citrust.id – Forum Keserasian Sosial Desa Suranenggala Kidul Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon menggelar sarasehan atau dialog tematik 1, Selasa (1/9) siang, di Situs Makam Pangeran Adipati Waringin yang terletak di desa setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kuwu Suranenggala Kidul, unsur Kecamatan Suranenggala, Dinsos Kabupaten Cirebon dan Provinsi Jawa Barat.

Ketua Forum Keserasian Sosial, Mochamad Al Furqon Wirataka mengatakan, pertemuan ini untuk membahas program keserasian sosial berupa renovasi situs Makam Pangeran Adipati Waringin sebagai upaya melestarikan budaya dan tradisi.

“Situs tersebut kerap digunakan untuk pengajian dan ngunjung buyut dari empat desa sekitar,” Ujarnya.

Situs Makam Pangeran Adipati Waringin juga, lanjut Furqon, menjadi tempat penyelesaian masalah sosial yang kerap terjadi di empat desa.

“Jika ada masalah sosial di empat desa, pasti situs tersebut jadi lokasi untuk pertemuan dan musyawarah agar bisa damai,” kata dia.

Kuwu Desa Suranenggala Kidul, H Cholid mengatakan bahwa program ini aspirasi warga dan diteruskan ke Kemensos RI dan Dinsos Jabar melalui bantuan Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Selly Andriany Gantina.

“Saya terimakasih karena sudah dibantu oleh anggota dewan. Karena bantuan yang diberikan, tidak hanya renovasi, melainkan¬† pembangunan taman, pendopo untuk tempat duduk warga saat ada kegiatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Jabar, Dra Enok Komariah MKes mengingatkan, agar selama masa pembangunan agar memiliki dokumentasi yang lengkap.

“Dokumentasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan harus lengkap, agar jika ada pemeriksaan bisa lebih mudah,” kata dia.

Enok juga mengakui, hanya ada 36 desa di 16 kota/kabupaten di Jabar yang mendapatkan program ini, termasuk Kabupaten Cirebon. Itupun hanya dua desa. “Mudah-mudahan dengan adanya program ini bisa mengantisipasi konflik sosial di desa dan mengatasinya bila terjadi,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Perubahan KUA PPAS Prioritaskan Penanganan Kesehatan dan Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19

Komentar

News Feed