oleh

Sebanyak 150 Ketua Rombongan Jamaah Haji Jawa Barat Diberikan Pembekalan

CIREBON (CT) – Sebanyak 150 Ketua Rombongan (Karom) jamaah haji Jawa Barat 2016 mengikuti pembinaan yang diadakan Pemprov Jabar di Hotel Grage Sangkan, Kuningan, 24-27 Mei 2016.

Kasubag Pembinaan Keagamaan Biro Yansos Setda Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Penyelenggara, Saefulah menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan bagi Karom jamaah ibadah haji Jabar, terkait pengetahuan peran dan tugas pokok Karom.

Selain itu, para Karom juga dilatih teknik dan metode usaha preventif dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada jemaah haji di tanah suci, khususnya bagi jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat.

“Karom juga harus bisa memahami jamaah, baik dari sisi psikologis maupun latar belakangnya,” ujarnya.

Saefulah mengungkapkan, secara keseluruhan, Karom asal Jawa Barat pada musim haji 2016 berjumlah 600 orang. Mereka berasal dari perwakilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Barat. Masing-masing Karom akan membimbing 40-45 jamaah haji yang akan dibantu empat Ketua Regu (Karu). Masing-masing Karu membimbing 10-11 jamaah haji.

Ia menambahkan, jumlah jamaah haji asal Jawa Barat tahun ini sebanyak 29.800.088 jamaah yang tersebar dari 27 kabupaten/kota. Para jamaah itu terbagi dalam 70 kloter.

“Kloter pertama akan berangkat pada 8 Agustus dan keberangkatan kloter terakhir pada 4 September 2016,” jelasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Peduli Lingkungan, KAI Daop 3 Cirebon Tanam 122 Pohon

Komentar

News Feed