oleh

Satgas Saber Pungli Jabar Pantau Upaya Pencegahan KKN di Kuningan

Citrust.id – Satuan Tugas Saber Pungli Jabar memantau penanganan kasus pungutan liar, korupsi, kolusi dan nepotisme di Kabupaten Kuningan, Selasa (4/8). Ketua Satgas Saber Pungli Jabar, Kombes Pol. Syahri Gunawan, mengatakan, pihaknya memberikan arahan terkait pelaksanaan kinerja Saber Pungli UPP Kabupaten Kuningan.

Dalam pelaksanaan saber pungli, dibutuhkan kebersamaan atau sinergitas instansi. Pihaknya juga memantau pengawalan pembagian bansos dari pemerintah bagi warga Kuningan yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami mengedepankan pencegahan. Kami mengapresiasi Tim Saber Pungli Kabupaten Kuningan yang telah melaksanakan beberapa kegiatan. Masih ada beberapa bulan ke depan. Mudah-mudahan Saber Pungli ini menjadi contoh,” terangnya.

Sementara, Bupati Kuningan, Acep Purnama, menjelaskan, kedatangan Satgas Saber Pungli Jabar sebagai bentuk dukungan untuk pencegahan KKN di Kabupaten Kuningan.

“Penanganan yang dilakukan Saber Pungli tidak sebatas menangani pungli dan korupsi saja, tetapi juga pencegahan pada praktek kolusi dan nepotisme,” terangnya.

Terpisah, Ketua Satgas Saber Pungli UPP Kuningan, Kompol Jaka Mulyana, mengungkapkan, selama lima bulan bertugas meneruskan ketua sebelumnya, pihaknya telah melakukan ratusan kegiatan, termasuk pencegahan, pembinaan dan penindakan.

“Selama lima bulan ini, ada 442 kegiatan sosialisasi pada Pokja Pencegahan, 40 kegiatan pada Pokja Intelijen, dan 182 penindakan. Ada kegiatan yang menjadi atensi, yakni empat kegiatan di Pokja Penindakan, salah satunya sudah masuk ke Pokja Yustisi terkait kasus yang menimpa aparatur pemerintahan Kuningan,” jelasnya. (Andin)

BACA JUGA:   Konflik Pengelolaan, GTC Terancam Ditutup

Komentar

News Feed