oleh

Ratusan Nakes di Kuningan Terpapar Covid-19

Citrust.id – Covid-19 di Kabupaten Kuningan terus melonjak. Puluhan tenaga kesehatan pun ikut terpapar Covid-19. Sejak Minggu (27/6), tidak kurang dari 80 nakes terpapar Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Susi Lusiyanti, mengatakan, sejak Januari hingga sekarang, ada 250 nakes di Kabupaten Kuningan yang positif Covid-19.

“Setiap hari, ada saja nakes yang positif. Hari ini, nakes di Dinas Kesehatan juga positif,” ujarnya, Senin (28/6).

Susi melanjutkan, melonjaknya kasus Covid-19 juga berdampak terhadap peningkatan keterisian rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR). Saat ini, BOR berada di angka 60-70 persen.

“KMC Luragung telah menyediakan 60 persen layanan bagi pasien Covid-19 dan KMC Kuningan mencapai 40 persen. Di RSUD juga ada penambahan 20 tempat tidur. Kemarin BOR mencapai 70 hingga 75 persen,” jelas Susi.

Di RSUD Linggajati pada Minggu (27/6), ada penambahan 30-40 tempat tidur, dan kini tambah lagi 25 tempat tidur. Untuk Eks RS Citra Ibu, tambah hingga empat lantai dan sudah penuh.

“Sedangkan penutapan UPTD Puskesemas fluktuatif setiap harinya. Jumlahnya tidak menentu. Bergantian atau on/off. Hari ini saja ada sekitar 10 puskesmas yang tutup,” papar Susi.

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, merasa prihatin akan adanya nakes yang terpapar Covid-19.

“Bagi tenaga kesehatan, tetap semangat saat berjuang. Bagi masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M,” ujarnya.

Disebutkan Acep, dalam dua hari ke depan, pihaknya akan menambah ruang isolasi di aula Diklat BKPSDM sebanyak 37 kamar dan 44 tempat tidur untuk menampung 110 pasien. (Andin)

Komentar

News Feed