oleh

PWI Majalengka Akan Gelar HPN Award 2019

Citrust.id – Pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Kabupaten Majalengka akan diselenggarakan malam anugerah yang akan diberikan kepada 15 orang yang dinilai telah memberikan kontribusi positif dan inspirasi bagi masyarakat.

Kegiatan itu merupakan hasil kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka dengan Pemerintah Kabupaten setempat serta instansi terkait lainnya.

Ketua Panitia HPN PWI 2019, M Abduh Nugraha, didampingi Sekretaris Panitia Hasanudin menjelaskan, kegiatan HPN yang sudah dilaksanalan antara lain, pendidikan dan pelatihan jurnalistik, sosialisasi UU Pers dan kode etik jurnalistik bagi para kepala desa, guru.

Setelah itu pertandingan tenis meja antarOPD dan wartawan, sosialisasi UU lalu lintas, bakti sosial, FGD Pemilu 2019, hiburan rakyat, dan puncaknya penyerahan malam anugerah HPN pada Jum’at (15/2/2019) malam.

“HPN ini menjadi ajang silaturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya di Kabupaten Majalengka. Kegiatan ini juga menjadi agenda rutin wartawan yang dipelopori teman teman PWI Majalengka,” ucapnya.

Abduh menjelaskan, HPN Awards rencananya akan diberikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI dan dihadiri Gubernur Jabar.

“Kehadiran beliau masih dalam konfirmasi. Mudah-mudahan kedua pejabat publik itu bisa hadir sesuai undangan kami, “ucapnya.

Adapun penerima anugerah HPN sendiri, kata dia, antara lain, atlet, pelajar, pejabat publik, kepala daerah, politisi, kalangan profesional, pengusaha, dan lain-lain.

“Para penerima anugerah itu berdasarkan hasil seleksi tim yang dilakukan secara profesional, “ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Majalengka, Jejep Falahul Alam, menambahkan, penyelenggaran malam anugerah Hari HPN 2019 yang digagas PWI, dilatarbelakangi apresiasi para jurnalis terhadap para politisi, tokoh, pelajar, atlet, pengusaha, pejabat publik, yang dinilai telah memberikan manfaat dan inspirasi bagi masyarakat secara umum.

BACA JUGA:   Siap Digelar, Peringatan Harjad ke-651 Kota Cirebon Manfaatkan Teknologi Terkini

Penghargaan itu bukan dilihat dari apa yang diberikan jurnalis karena hal itu tidak sebanding dengan dedikasi dan prestasi para penerima anugerah itu sendiri. Penghargaan itu sebagai apresiasi dari insan pers kepada mereka yang dinilai telah melaksanakan tugas dan fungsinya melampaui batas ekspektasi. Diharapkan dari penerima itu dapat jadi sosok inspirasi, panutan, teladan, bagi kita semua.

“Anugerah ini dalam rangka mendiseminasi dan mengedukasi masyarakat, bahwa saat ini banyak sosok dan tokoh di Majalengka yang telah memberikan teladan dan inspiratif, serta pengabdian terbaiknya bagi kepentingan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Majalengka,” ujarnya.

Mengenai mekanisme pengusulan dan teknis penyelenggaraannya penerima anugerah, kata Jejep, tim seleksi yang terdiri dari jurnalis melaksanakan penilaian secara bertahap untuk mendapatkan nilai terbaik. Kemudian dari hasil nominasi terbaik itulah ditentukan satu terbaik. (Abduh)

Komentar

News Feed